Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

Tip Untuk Membugarkan Kembali Fikiran Kita Dari Tekanan/Stress

Tanggal diterbitkan: 27/12/2016


Seorang ahli bernama George Witkin PhD, Kepala Program stress di Mount Sinai School of Medicine, New York, memiliki pemikiran bahwa, saat dirinya memiliki masalah dengan migren, Witkin menduga penyakit yang diidapnya muncul lantaran jadwal yang kelewat ketat. “saya tak punya waktu untuk mengurus diri saya sendiri”, tukas Witkin.

Ia bangkit dari keterpurukan dengan meluangkan waktu sekitar 20 mnt setiap hari, meski pekerjaannya belum selesai. Witkin pun mulai peduli dengan kesehatannya. Jika otot-ototnya mulai tegang, ia menghitung mundur dari 30 hingga 1, dan bernafas seperti bayi. “saya bernafas dalam-dalam dan membiarkan perut naik turun perlahan. Hasilnya, saya tak butuh lagi aspirin,” Ujarnya lega

Lain lagi dengan professor satu ini, Richard Carlson PhD, Pengarang Don’t sweat the small stuff, menjalani hidup apa adanya adalah cara Carlson mengusir stress. “saya mengingatkan diri saya sendiri bahwa hidup sangatlah berharga”, ujar Carlson. Baginya, dengan menerima ketidaksempurnaan dia bisa bebas dari stress. “semakin saya mempu menerima segala sesuatu apa adanya-saya semakin bahagia.”  Carlson percaya bahwa membantu orang lain merupakan cara efektif. “semakin saya tidak egois semakin berkurang stress yang saya alami.

Dan Beberapa orang yang memahami ‘Brain Gym’ dalam Management Stress method, Kerja otak banyak mempengaruhi kondisi kecemasan/anxiety kita dalam keseharian. Brain Gym ini memiliki sedikit gerakan dan kita dapat mengaktifkan tombol-tombol di badan kita yang mengoptimalkan cara kerja otak dengan cukup unik. Sebut saja gerakan menyalakan saklar otak, yaitu menyentuh bagian pusar dengan ujung jari dan areal diantara tulang bahu dibawah leher kita dengan jari tangan satunya, gerakan ini akan meningkatkan konsentrasi dan focus kita secara perlahan. Lalu areal bawah dagu dan atas bibi, banyak meningkatkan kinerja otak untuk sebagian orang yang sering berlatih.

Ada cara lain yang berkaitan dengan ‘Brain Gym’ ini, yaitu membuat gerakan mata mengikuti angka delapan tertidur, diantara jeda satu menit pekerjaan kita. Gerakan senam sederhana dengan saling bersilangan, misalkan tangan kiri diarahkan ke kanan, dan tangan kanan diarahkan ke kiri, dan lain sebagainya.

Namun, diantara semuanya itu ada baiknya anda memiliki pola istirahat dari pekerjaan minimal 10 menit setiap 2-3 jam bekerja di depan computer.
Jadikan hari-hari bekerja anda tetap menyehatkan.

Kegiatan Cimahi

Headline News