Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

Cimahi Kembali Raih Adipura

Tanggal diterbitkan: 09/08/2017


CIMAHI- Cimahi adalah Kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Barat, secara geografis bentang alam Cimahi berupa daerah perbukitan yang cukup tinggi tingkat kemiringannya di sebelah utara, kawasan permukiman, perkantoran dan pusat bisnis yang padat di sebelah tengah hingga kawasan industry dan permukiman di sebelah selatan. Masyarakat Cimahi hidup dalam sebuah kondisi keberagaman yang amat semarak, dimana sebagaian besar pada sektor perdagangan dan jasa serta sisanya sebagai pegawai/buruh baik pada institusi pemerintahan, militer maupun swasta.

Dalam hal program bidang lingkungan hidup, selama ini Pemkot Cimahi senantiasa berusaha untuk menciptakan kondisi kota yang bersih, sehat, asri dan terawat. Pemkot Cimahi juga selalu mendorong penerapan Perilaku Hidup yang Bersih dan Sehat (PHBS) pada semua tataran, baik perkantoran pemerintahan, swasta, institusi pendidikan dan juga instansi vertical lainnya.

Berkenaan dengan hal ini, Pemerintah Pusat sendiri memiliki program bernama Lomba Adipura, yang pada dasarnya merupakan stimulan kepada daerah agar menjadikan PHBS, kebersihan dan keindahan kota menjadi tidak sekedar sebuah keharusan, namun lebih sebagai behaviour (perilaku). Untuk itulah, sejak dulu Cimahi selalu ikut serta dalam Perlombaan Adipura ini, karena Cimahi adalah bagian integral dan tak terpisahkan dari Jawa Barat, dan juga bagian NKRI, sehingga harus senantiasa mendukung program yang dicanangkan oleh pemerintah (pusat).

Melalui keikutsertaan dalam Program Adipura ini, diharapkan dapat mendorong kemampuan pemerintah kota untuk melaksanakan sistem pemerintahan yang baik di bidang lingkungan hidup (Tata Praja Lingkungan). Hal ini juga sesuai dengan visi yang diusung Cimahi yaitu: menuju kota “C.E.R.D.A.S..

Untuk mewujudkan visi tersebut tentu diperlukan adanya penataan kota, dengan tetap memperhatikan kelestarian perkotaan yang berwawasan lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. Dalam mewujudkan visi kota cimahi tersebut tentu dibutuhkan kebersamaan, situasi yang kondusif, keadaan kota yang tertib, serta suasana yang nyaman, bersih, rapi dan indah.

Pada dasarnya, penghargaan Adipura diberikan kepada kota / kabupaten yang berkomitmen untuk menjaga dan memelihara lingkungannya dengan baik. Dalam sejarah keikutsertaannya, Kota Cimahi pernah mendapatkan penghargaan best effort pada tahun 2005, dan 4 kali mendapatkan penghargaan anugerah adipura pada periode tahun 2009, 2010, 2012, 2013, 2015 dan 2016.

Adapun untuk pada tahun 2017, Cimahi kembali berhasil meraih  Adipura untuk yang tujuh kalinya setelah  yang merupakan kedua kalinya dalam kategori Kota Besar, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Lingkungan Hidup terus melakukan pembenahan lingkungan , melalui upaya penggalangan dukungan dari seluruh Perangkat daerah, kecamatan, kelurahan, Institusi militer (TNI-AD), kepolisian, organisasi wanita, sekolah, rumah sakit, puskesmas, perguruan tinggi, perusahaan daerah, perbankan, perusahaan persero / BUMN, pengusaha mall / pusat perbelanjaan dan seluruh elemen masyarakat Kota Cimahi.

Intinya, semua pihak telah memberikan peran sertanya untuk peningkatkan kebersihan dan keindahan kota Cimahi yang merupakan salah satu point penilaian dalam penghargaan adipura ini. Dalam hal ini, peran serta masyarakat merupakan point yang tak ternilai karena melalui kasadaran masyarakat maka dengan sendirinya kebersihan dan keindahan kota kita tercinta ini akan terjaga dengan baik.

Disamping itu, dalam hal Penghargaan Adipura yang didapat Kota Cimahi tahun 2017. ini, pada dasarnya tidak terlepas dengan keberadaan Bank Sampah Induk Cimahi (Samici). Pasalnya, Bank Samici kini sudah memiliki banyak nasabah dan bisa mengatasi permasalahan sampah hingga 20 persen di wilayah tersebut. Untuk itu, Pemerintah Kota berencana untuk mengembangkan hal serupa di wilayah lain di Kota Cimahi.

Keberadaan Bank Samici ini tentunya patut dibanggakan karena merupakan sebuah inovasi yang dilakukan Pemkot Cimahi. Terbukti, Bank Samici ini menjadi salah satu point yang mempunyai andil cukup besar dalam penilaian Adipura. Selain Bank Samici, Program Gerakan Bersih di setiap kelurahan dan pengelolaan TPA bersama kota Bandung juga menjadi prioritas utama yang menjadi point positif dimata tim penilai dari pusat.

Dalam pengembangan kinerja pengelolaan persampahan penyusunan kebijakan manajemen pengelolaan sampah, penyediaan sarana prasarana pengelolaan persampahan, pengembangan teknologi pengolahan persampahan, pengelolaan B3 dan limbah B3, kerjasama pengelolaan persampahan, koordinasi penilaian kota sehat adipura, peningkatan edukasi dan komunikasi masyarakat di bidang lingkungan dan peningkatan operasi dan pemeliharaan prasarana dan sarana persampahan

Disamping itu, Kota Cimahi juga telah melaksanakan beberapa inovasi yang lain, seperti pencanangan 'Kawasan Bebas Sampah' pada tanggal 21 Februari 2014 lalu, di beberapa ruas jalan seperti Jl. Amir Mahmud, Jl. Gatot Subroto, Jl. Sriwijaya dan kawasan Alun-Alun Kota Cimahi.  Pada kempatan itu pula, telah diresmikan juga Patroli Kebersihan Bersepeda (Patih) yang bertugas melakukan pemantauan terhadap kawasan tersebut. Kelompok petugas PATIH ini terdiri dari 10 orang laki-laki dan perempuan yang berkeliling menggunakan sepeda.

Dalam program lingkungan sehat perumahan  kegiatan penyediaan sarana air bersih dan sanitasi dasar terutama bagi masyarakat bagi masyarakat miskin  dengan Skala Lingkungan : pendekatan pembangunan berbasis masyarakat dan Skala Kota : berbasis institusi dengan Strategi Pembangunan :Peningkatan kesadaran masyarakat, Peningkatan kepedulian dan komitmen pemerintah, Peningkatan akses air limbah yang layak serta Program pembangunan fisik :Tangki septik individual/ jamban keluarga, Instalasi Pengelolaan Air Limbah Komunal dan IPAL Terpusat skala Kota

Penetapan lokasi Kawasan Bebas Sampah, dengan dilengkapi oleh jajaran petugas PATIH ditujukan untuk mengajak masyarakat agar berperilaku hidup bersih dan sehat, yang dimulai dengan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.  Selain itu ada Program Gertak Putsal (Gerakan Serentak Pungutan Sampah Massal),  dan Juga Pembangunan Gedung Technopark yang memakai eco building  yang berdasarkan hasil karya PUSLITBANGKIM KEMEN PU PERA Diantara Kab/Kota di Indonesia baru Kota Cimahi yang menerapkan Konsep ini, Eco Building adalah bangunan ramah lingkungan (Eco Friendly), Hemat Energi, serta Memanfaatkan air hujan menjadi air baku.

Dalam kebijakan Pemerintah Daerah Kota Cimahi membuat Peraturan  Daerah Kota Cimahi Nomor 16 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Kebersihan, Keindahan, dan Kesehatan Lingkungan, Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 4 Tahun 2004 Jo Nomor 8 Tahun 2009 tentang Ketentraman Ketertiban Umum , Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 16 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah, Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 02 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum dan Peraturan Walikota Kota Cimahi Nomor 07 Tahun 2014 tentang Kawasan Bebas dari Sampah di Kota Cimahi, serta Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kota Cimahi dan, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat tentang Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah Regional sementara di desa Sarimukti, Cipatat, Bandung Barat.

Bagi Pemerintah Kota Cimahi, penghargaan Adipura tahun 2017 ini sekaligus melengkapi berbagai prestasi membanggakan lainnya yang telah berhasil diraih pada tahun 2017 ini, diantaranya seperti Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Cimahi tahun 2017 yang didapat secara tiga kali berturut, serta Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak,

Ke depannya, penghargaan Adipura ini akan dijadikan sebagai pelecut semangat dan motivasi sehingga kedepan kinerja seluruh SKPD bisa lebih ditingkatkan lagi. Melalui penghargaan ini, masyarakat Cimahi juga diharapkan lebih peka terhadap lingkungan. Sebab sebuah raihan prestasi tentu tidak hanya akan membuat bangga pemerintah daerah saja, namun masyarakat juga pasti akan bangga dengan prestasi daerahnya. Terakhir, Program Adipura ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk menggalang kesungguhan dan kebersamaan seluruh warga kota bersama aparat pemerintah kota, DPRD, dan para pengusaha untuk bersama-sama merevitalisasi dan menata lingkungan kota agar semakin bersih dan sehat dan nyaman.  (Ahmad Sadli)

Kegiatan Cimahi

Headline News