Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

10 Cara Cepat Memilih Fakultas Sesuai Minat dan Bakat

Tanggal diterbitkan: 29/09/2017


Pada setiap orang, minat dan bakat mempunyai  peran yang penting untuk kehidupannya. Apalagi bila keduanya saling menunjang, maka akan memudahkan untuk mencapai yang dicita-citakan, khususnya dalam dunia pendidikan dan pekerjaan. Hal ini dapat menjadi motivasi yang kuat dalam mendorong seseorang untuk meraih prestasi yang lebih baik.

Minat secara bahasa dapat diartikan sebagai usaha dan kemauan terhadap sesuatu hal. Jadi dengan kata lain minat merupakan proses yang tetap untuk memfokuskan diri pada sesuatu yang disukai. Sedangkan bakat merupakan suatu kondisi kemampuan bawaan seseorang. Jika keduannya digabungkan, maka akan tercapai sinergi yang maksimal untuk mencapai apa yang diharapkan.

Sayang saat ini belum semua orang mengetahui apa sebenarnya minat dan bakat yang dimilikinya. Khususnya untuk siswa SMA yang akan melanjutkan kuliah,  mereka mengalami kendala dalam memilih jurusan fakultas yang sesuai dengan minat dan bakat yang ada di dirinya. Ada rasa khawatir dan ragu bila melakukan kesalahan, karena secara langsung akan berdampak pada masa depan mereka kelak.

Menurut G. Frederic Kuder ada 10 cara yang bisa dipakai untuk mengetahui minat dan bakat seseorang, yang bisa digunakan untuk memilih fakultas yang sesuai. Diantaranya yaitu:

1. Outdoor
Adalah orang yang menyukai pekerjaan atau melakukan aktivitas di luar atau udara terbuka. Biasanya menyukai pekerjaan yang tidak berhubungan dengan hal-hal yang rutin sifatnya. Mereka yang mempunyai minat ini cocok untuk memilih fakultas Pertanian, Kehutanan, Teknik Eksterior, Pariwisata dan sebagainya.

2. Mechanical
Adalah orang yang menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan menggunakan mesin dan alat-alat mekanik. Orang yang berminat pada aktivitas ini, cocok untuk memilih fakultas Teknik mesin, Sipil,  Electronik, Komputer dan sebagainya

3. Computational
Adalah orang yang menyukai pekerjaan berhubungan dengan angka-angka. Orang yang memiliki minat ini, cocok untuk masuk di fakultas Akutansi, Statistik, Matematika, Perpajakan dan sebagainya

4. Scientifik
Adalah orang yang menyukai aktivitas dalam menganalisa, melakukan penyelidikan  dan bereksperimen yang biasanya berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Mereka biasanya cocok untuk masuk ke fakultas Biologi, Kedokteran, Farmasi, Arkeologi dan sebagainya.

5. Persuasive
Adalah orang yang menyukai aktivitas berhubungan dengan orang lain, senang berdiskusi dan membujuk. Orang dengan minat ini bisa mendaftarkan diri ke fakultas dengan bidang ilmi hubungan internasional, komunikasi, marketing, Public Relation, dan hukum.

6. Artistic
Adalah orang yang mempunyai minat atau senang beraktivitas dengan hal-hal yang bersifat seni dan menciptakan sesuatu. Orang dengan bakat ini bisa memilih fakultas seni, desain, atau fotografi.

7. Literary
Adalah orang yang mempunyai minat dengan membaca, menulis atau mengarang. Fakultas yang sesuai dengan aktivitas dan minat ini adalah jurnalistik, keguruan, broadcast.

8. Musical
Adalah orang yang memiliki minat atau senang beraktivitas dengan alat musik. Seperti memainkan alat musik, bernyanyi, mendengarkan orang lain bermain atau membaca sesuatu yang berhubungan dengan musik. Fakultas seni musik atau keguruan di bidang seni musik bisa menjadi pilihan.

9. Social Service
Adalah orang yang memiliki minat terhadap kegiatan sosial seperti menolong, membantu kesejahteraan lingkungannya, memberikan bimbingan dan nasehat bagi yang membutuhkannya. Fakultas yang bisa menjadi pilihan diantaranya: psikologi, teologi, dan keperawatan.

10. Clerical
Adalah orang yang minat atau senang beraktivitas dengan tugas-tugas rutin yang menuntut ketepatan dan ketelitian. Fakultas yang sesuai dengan minat ini diantaranya adalah sekretaris, administrasi perkantoran, dan perhotelan.

Setelah mengetahui jenis-jenis minat dan bakat di atas, yang manakah yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Semoga informasi ini bisa membantu dalam memilih fakultas yang sesuai. (AH)

Kegiatan Cimahi

Headline News