Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

CIMAHI RAIH NATAMUKTI PADA ICSB INDONESIA CITY AWARD 2017

Tanggal diterbitkan: 13/12/2017


Pemerintah Kota Cimahi dinilai sukses dalam membangun ekosistem usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berbuah penghargaan Natamukti oleh sebuah lembaga nirlaba internasional. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang diterima langsung oleh Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna di Gedung Kementerian UMKM Republik Indonesia di Bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa malam (28/11/2017).

Usai menerima penghargaan, Ajay menegaskan komitmennya. “Pemkot Cimahi berkomitmen mengembangkan dan meningkatkan UMKM terutama bagi perkembangan ekonomi untuk produk lokal khas  Cimahi,” ucap walikota

Selama ini  Pemkot Cimahi terus berupaya mendukung dan meningkatkan pertumbuhan UMKM secara terus menerus dan berkesinambungan. Kedepan Pemkot Cimahi akan berupaya meningkatkan bantuan pendampingan, branding, dan marketing melalui Fasilitas yang ada di technopark. Untuk pendampingan ini telah dilaksanakan dengan melibatkan UMKM yang bergerak di bidang kuliner dengan masa pendampingan selama 3 (tiga) bulan. Lalu ada juga bantuan untuk membantu desain branding sebanyak 50 UKM, serta desain packaging sebanyak 60 UKM.   Agar mampu bersaing dengan produk lain dilakukan juga uji nutrisi dan uji kadaluarsa sehingga akan secara alamiah meningkatkan kualitas dan daya saing ukm tersebut.

Disamping itu dilakukan fasilitasi pertemuan diantara komunitas untuk membangun sinergi antar komunitas dan penguatan komunitas itu sendiri.

Upaya itu dilakukan agar produk UMKM Kota Cimahi  bisa semakin meningkatkan kompetensi dan daya saing dengan produk lokal secara nasional, bahkan memiliki kualitas ekspor. Selain itu dilakukan juga kerjasama pendampingan dengan beberapa perguruan tinggi diantaranya dengan UNPAD, UNJANI, POLBAN.

“Untuk penghargaan Natamukti tahun ini kita bagi kedalam 2 kategori saja, berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini ada kategori Natamukti dan Natamukti Nindya,” kata Hermawan Kartajaya, President of ICSB Indonesia.

Penghargaan Natamukti sebagaimana diraih Kota Cimahi, lanjut Hermawan, diberikan kepada kota atau kabupaten yang berhasil memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya.

Sedang Penghargaan Natamukti Nindya diberikan kepada kota atau kabupaten yang terbaik dalam meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik di tingkat nasional bahkan internasional.

Dijelaskan, ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak terutama pemerintah daerah sebagai pendorong utama ekonomi lokal.

“Maka dari itu di sini kita berikan apresiasi kepada para institusi pemerintahan dalam hal ini para bupati dan walikota, yang diharapkan juga dapat menjadi inspirasi bagi yang lain,” harap Hermawan.

 

Pemberian penghargaan yang merupakan rangkaian dari acara Gebyar UKM 2017 Edisi ke-2 di 18 kota di Indonesia ini, yang juga dihadiri Menteri KUKM Republik Indonesia, AAGN Puspayoga beserta jajarannya. Dalam sambutannya Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Ngurah Puspayoga menyampaikan "Kemajuan yang diraih koperasi dan UMKM di Indonesia tidak lepas dari peranan para bupati dan wali kota di seluruh Indonesia,”

Kontribusi para kepala daerah itu, kata dia, terbukti adanya kontribusi koperasi pada PDB nasional pada 2016 meningkat dari 1,71% menjadi 3,99%. Begitu juga dengan rasio kewirausahaan meningkat signifikan dari 1,65% menjadi 3,01%. Hal ini tercapai karena ada kesinambungan antara pemerintah pusat dan daerah. 

 

ICSB Indonesia sendiri merupakan organisasi nirlaba internasional yang didirikan pada tahun 1955. Organisasi ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan usaha kecil dan menengah di seluruh dunia.

Organisasi ini mempertemukan para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan, dan praktisi dari seluruh dunia yang berfungsi sebagai empat pilar utama ICSB untuk berbagi pengetahuan dan keahliannya di bidang masing-masing. Saat ini terdaftar 70 chapters di berbagai negara yang telah menjadi anggota, termasuk ICSB Indonesia sebagai salah satu afiliasi yang dibentuk pada tahun 2015 lalu.

 (AHMAD SADLI, Staf Bidang Informasi Komunikasi Publik pada DISKOMINFOARPUS Kota Cimahi)

Kegiatan Cimahi

Headline News