Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

Tips Berinternet Aman

Tanggal diterbitkan: 30/04/2018


Internet sudah menjadi media informasi yang digunakan oleh masyarakat mulai dari anak-anak, remaja dan orang tua. Internet digunakan oleh masyarakat untuk berbagai tujuan seperti, mencari informasi, kegiatan jual beli, dan lain-lain. Internet memiliki banyak fungsi positif yang didapatkan oleh masyarakat, namun masyarakt banyak yang tidak mengetahui dampat saat kita mengakses internet seperti, terjadinya pencurian data, munculnya virus pada computer dan sebagainya. Dampak yang didapatkan masyarakat tidak akan terasa sampai dampak itu menjadi besar. Oleh sebab itu masyarakat harus mulai pintar dan memilih saat menggunakan atau beraktifitas di internet. Kali ini admin akan membagikan tips-tips aman berinternet.

Pasang Antivirus
Antivirus berfungsi untuk mencegah aplikasi atau informasi yang dinilai membahayakan, seperti SPAM, Virus, Spyware dan sebagainya. Antivirus wajib  di install di computer ataupun smartphone untuk menghindari kendala diatas.

Teliti Membuka Email
Hampir seluruh masyarakat memiliki apa yang sering kita sebut email. Sebelum kita mendaftar pada sebuah media social kita diharuskan mendaftarkan email yang kita miliki. Email sangat berguna bagi masyarakat namun email juga memiliki kekurangan yaitu sering dipakai untuk kegiatan illegal. Para hacker dapat memasukan virus pada email yang mereka kirim, oleh sebab itu kita harus selektif dalam membuka email masuk. Bila ada email masuk yang tidak kita ketahui lebih baik jangan dibuka.

Batasi Data Pribadi di Internet
Kebanyakan masyarakat memiliki media social untuk interaksi ataupun kegiatan sehari-hari. Selain media social masih banyak lagi web-web ataupun aplikasi yang membantu masyarakat. Hal yang lagi diperbincangkan saat ini adalah mengenai pencurian data. Untuk mengantisipasi ini kita harus membatasi data mana yang bersifat pribadi atau tidak boleh di publish dan data mana yang bersifat umum.

Batasi Upload Foto dan Video
Kebanyakan masyarakat megunggah foto dan video berlebihan. Banyak masyarakat biasa yang suka mengunggah foto dan video pribadi mereka di internet, sehingga banyak orang-orang dengan tidak bertanggung jawab menggunakan foto dan video yang diunggah oleh mereka.

Menggunakan Browser Legal
Selama kita mengkses internet kita perlu menggunakan apa yang dinamakan browser agar dapat mengakses informasi yang ada di internet. Banyak browser yang tidak direkomendasikan untuk digunakan. Banyak browser yang beredar yang belum tentu aman digunakan oleh kita. 

Hindari Koneksi Wifi Yang Tidak Kita Ketahui
Masyarakat selama mencari informasi atau menggunakan internet wajib menggunakan sinyal atau kuota internet. Banyak masyarakat yang menggunakan internet namun tidak ingin keluar banyak biaya, oleh sebab itu masyarakat banyak yang mencari internet gratis atau sering kita sebut wifi. Banyak tempat-tempat yang menyediakan fasilitas wifi gratis. Wifi gratis tidak dapat sepenuhnya menjadi solusi untuk kita bisa berinternet secara aman dan nyaman karena bias saja wifi menjadi jebakan untuk mengundang taget atau korban untuk terhubung ke wifi yang disediakan pelaku.

Proteksi Menggunakan Password atau PIN
Selama kita mencari informasi di internet kita harus menggunakan gadget, laptop, atau pc dan harus terhubung ke internet. Selama kita terhubung ke internet kita tidak bias mengetahui apakah ada orang lain yang terhubung juga ke gadget kita, seperti remote pc.  Oleh sebab itu kita wajib memberi keamanan berupa password pada gadget yang kita gunakan untuk meminimalisir kejadian di atas. (IM)

image source: https://securewithsure.com/wp-content/uploads/2017/06/Internet-Safety-1080x675.jpg

Kegiatan Cimahi

Headline News