Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

Tips Belanja Online Dengan Aman di Internet

Tanggal diterbitkan: 30/07/2018


Belanja online adalah suatu kegiatan baru di masyarakat  sekarang ini. Beberapa tahun kebelakang masyarakat yang ingin berbelanja harus datang langsung ke toko yang diinginkan. Dengan berkembangnya teknologi, masyarakat bisa berbelanja melalui gadget yang dimiliki. Melalui gadget masyarakat bisa memilih toko dan barang yang sesuai dengan keinginan konsumen. Banyak cara pembayaran yang dapat dilakukan oleh konsumen. Dengan adanya belanja online konsumen sangat diuntungkan karena dapat menghemat biaya dan waktu konsumen. Semakin banyaknya komsumen yang menggunakan jasa ini makin banyak website-website yang bertema e-commerce bermunculan dengan berbagai fitur baru yang memudahkan konsumen dalam kegiatan belanja online. 

Dengan berbagai kenyamanan yang disediakan oleh para developer e-commerce terdapat beberapa hal yang tidak dapat disediakan oleh mereka, salah satunya adalah keamanan konsumen. Terdapat beberapa keamanan yang disediakan oleh developer namun yang menjadi masalah disini adalah disaat konsumen bertransaksi tidak sesuai dengan aturan yang dibuat. Salah satunya adalah seperti konsumen memesan barang tidak melalui fitur yang disediakan oleh e-commerce tersebut. Untuk menghindari kejadian tersebut konsumenlah yang harus pintar dan selektif dalam melakukan kegiatan belanja online ataupun memilih toko yang diinginkan.

Kali ini saya akan memberikan beberapa tips untuk konsumen agar lebih aman berbelanja online di internet. Tips-tipsnya adalah sebagai berikut :

1. Riset website e-commerce terlebih dahulu
Sebelum konsumen melakukan kegiatan beli online di suatu website e-coomerce, konsumen harus lebih dahulu melihat apakah website tersebut dapat dipercaya. Cara konsumen melihatnya adalah dengan melihat kebijakan dan mekanisme kegiatan jual-beli di website tersebut atau dengan cara menanyakan kepada orang-orang yang pernah menggunakan website tersebut. 
 
2. Pihak yang terlibat
Pada saat kita melakukan kegiatan jual-beli online kita juga harus tahu pihak mana saja yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Seperti contoh uang kita diterima oleh pihak e-commerce atau oleh penjual langsung. Diusahakan kita memilih website yang menerima uang konsumen terlebih dahulu sebagai pihak ke tiga antara pembeli, penjual dan pihak ketiga yaitu website tersebut. Karena bila kita tertipu pihak ketiga dapat bertanggung dan mengganti uang kita.
 
3. Lihat produk yang dijual
Hal ini bisa membuat kita terhindar dari penipuan yaitu dengan melihat dahulu produk atau barang-barang yang dijual pada website tersebut. E-commerce yang terpercaya sudah pasti banyak barang-barang yang dijual diwebsite tersebut, karena banyak penjual yang mempercayakan produknya diwebsite tersebut.
 
4. Lihat harga barang yang dijual
Setelah kita mengetahui website tersebut terpercaya namun terdapat penjual nakal yang menipu konsumen. Sebenarnya untuk website yang menyediakan pihak ketiga untuk menerima uang kita terlebih dahulu dan menggantikan kerugian pada konsumen namun banyak konsumen yang merasa terbuang waktunya dikarenakan waktu menunggu barang yang terbilang sia-sia. Jangan tergiur dengan harga yang murah kita harus riset dengan penjual yang lain apakah harga tersebut pantas untuk barang tersebut.
 
5. Cara pembayaran
Lihatlah berapa opsi atau cara pembayaran yang dapat dilakuan oleh konsumen. Website yang dapat dipercaya biasanya menampilkan beberapa opsi pembayaran seperti via transfer bank, outle-outlet dan lain-lain.
   
6. Penilaian konsumen lain
Sebelum membeli dari toko yang ada di website e-commerce terlebih dahulu melihat komentar atau pendapat konsumen lain yang sudah pernah membeli di toko terebut. Biasanya fitur ini ada pada e-commerce besar yang ada diinternet. Fitur ini memudahkan konsumen untuk menganalisa apakah toko ini terpercaya atau tidak.

Sekian beberapa tips yang dapat admin sampaika. Semoga dengan tips ini dapat memudakan konsumen dalam kegiatan belanja online di internet. Bila ada beberapa tips yang lain akan admin sampaikan di artikel selanjutnya. (IM)

image source: http://plan9.pitb.gov.pk/e-commerce-bringing-the-store-to-you/

Kegiatan Cimahi

Headline News