Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

Cara Unik Memanfaatkan Barang Daur Ulang

Tanggal diterbitkan: 27/08/2018


Saat melihat tumpukan barang tidak terpakai di rumah, di tempat kerja, atau di mana pun, pasti rasanya ingin membuangnya saja. Atau paling tidak, disingkirkan sejauh mungkin dari pandangan. Namun, jika barang tidak terpakainya termasuk dalam barang yang bisa didaur ulang, sebaiknya Anda pikirkan kembali keinginan untuk membuangnya. Bisa jadi, suatu saat kita membutuhkan barang yang ternyata bisa dibuat dari barang yang hendak dibuang tersebut. Sementara, jika membeli yang baru, harganya sudah pasti lebih mahal dibanding jika kita membuatnya sendiri. 

Barang-barang bekas seperti kardus, botol plastik, dan lainnya akan selalu kita jumpai di mana pun dan kapan pun. Ini hanya masalah sudut pandang saja, yang sering mengabaikan nilai jual suatu barang karena belum bisa memanfaatkannya secara tepat. Butuh banyak ide kreatif agar barang daur ulang bisa diolah secara unik dan berbeda, serta memiliki nilai manfaat lebih. Bahkan, barang daur ulang ini bisa bernilai jual tinggi jika ide kreatifnya dipandang bagus.

Beberapa cara unik memanfaatkan barang daur ulang di bawah ini mungkin bisa dijadikan sebagai inspirasi. 

1. Lampu LED dari Botol Bekas
Lampu gantung dengan hiasan dari botol bekas yang berwarna-warni bisa memberikan sensasi unik di dalam kamar kita. Terasa unik jika malam hari datang dan di siang harinya akan terlihat lucu dengan botol berwarna berbeda yang disuse dengan rapi. Jika ada teman-teman atau kerabat yang melihat, bukan tidak mungkin mereka pun akan tertarik mengikuti dan meminta kita untuk membuatkan. 

2. Pot Lampu Bohlam 
Lampu bohlam yang sudah tidak terpakai bisa digunakan sebagai wadah air tanaman dengan cara melubangi ujung bohlam dan merapikan bagian kaleng tajamnya. Setelah itu, carilah bambu tidak terpakai yang dibuat silang agar pot mudah digantung di dinding. Setelah itu, gunakan kawat untuk mengikat leher bohlam ke bambu yang digantung. Isi air secukupnya, kemudian berikan tanaman apa saja yang mudah tumbuh di media air seperti kuping gajah atau tanaman lainnya. Dinding pun akan terlihat lebih manis.

Alternatif lainnya adalah dengan mengisi bohlam dengan minyak tanah, lalu diberi sumbu. Lampu minyak ini bisa digunakan sebagai penerangan saat listrik padam. Tinggal siapkan korek api atau pemantik sebagai persediaan. 

3. Lampu Lampion dari Kardus
Dengan dibuat pola tertentu, kardus bekas bisa disulap menjadi lampu lampion yang indah dan menenangkan di dalam kamar. Pola dan tekniknya bisa Anda cari di Google. Ternyata, lampion tidak hanya bisa dibuat dari kertas tipis saja. Bahkan, warna cokelat khas kardus membuat kreasi lampion dari karton bekas justru lebih sensasional. Namun jika kurang suka, Anda bisa menambahkan cat piloks yang disemprotkan sebelum lampion diberi lampu. Pasti terlihat unik. Mainkan kreasi Anda, ya. 

4. Menyimpan ATK di Botol Bekas yang Dirangkai
Terkadang, banyak botol plastik bagus dalam jumlah banyak terbuang percuma. Sayang sekali jika bentuk sebagus itu diabaikan, bukan? Kenapa tidak coba dimanfaatkan? Bersihkan botol plastik. Supaya terlihat unik, biarkan tetap tertutup, kemudian dirangkai dalam posisi tidur menjadi sebuah barisan pararel. Setelah itu, potong sisi yang menghadap ke atas separuhnya saja, jangan sampai melewati leher botol. Rangkaian botol yang sudah jadi bisa Anda gunakan untuk menyimpan ATK, koin, atau pernak-pernik hiasan kecil. 

Demikian sebagian ide kreasi yang bisa Anda coba sebagai cara unik memanfaatkan barang daur ulang yang ada di sekitar. Bisa pula jadi ide untuk barang bernilai jual lebih tinggi karena nilai artistiknya. Mau mencoba?  (AH)

image source: https://www.nature.org/cs/groups/webcontent/@web/@indiana/documents/media/recycle-640x400.jpg

Kegiatan Cimahi

Headline News