Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

Awas, 5 Ide Olahan Ikan Asin Ini Bisa Membuat Anda Gagal Diet

Tanggal diterbitkan: 09/10/2018


Pada mulanya, mengasinkan ikan merupakan cara untuk mengawetkan ikan. Ikan merupakan bahan makanan yang tidak dapat bertahan lama dalam suhu ruang dan mudah mengalami pembusukan sehingga tidak dapat dikonsumsi. Pengawetan ikan banyak sekali jenisnya, ada yang diasap, dibekukan, dibuat olahan kering, dan yang paling populer adalah diasinkan. 

Pengasinan ikan dilakukan dengan cara penggaraman. Garam akan menarik air yang terkandung pada ikan. Ikan yang kering dan menyusut tidak akan mudah membusuk dan lebih tahan lama. 

Pada zaman dahulu, masyarakat yang memakan ikan asin identik dengan masayarakat menengah ke bawah. Mungkin karena selain bisa menghemat lauk-pauk untuk makan, juga karena ikan asin terbilang murah. Namun, seiring perkembangan zaman dalam mengolah makanan, ikan asin dapat menjadi bahan makanan yang bergengsi. Ragam olahan ikan asin membuat makanan ini digemari oleh banyak orang. Bahkan, jika diolah dengan tepat, ikan asin akan menjadi “makanan dari surga” bagi pecinta kuliner olahan ikan.

Berikut ide olahan ikan asin yang akan membuat Anda gagal diet:

Nasi Goreng Ikan Asin
Ikan asin yang digunakan pada menu nasi goreng ini biasanya adalah ikan asin jambal roti. Ikan asin dengan daging tebal dan dipotong dadu digunakan sebagai pelengkap tambahan pada nasi goreng sebagai pengganti telur atau ayam. Pada olahan ini, tercipta perpaduan antara bumbu nasi goreng dan kecap dengan gurihnya ikan asin jambal roti. Penambahan cabai untuk menghadirkan rasa pedas akan membuat sajian nasi goreng ini terasa sangat istimewa.

Pepes Ikan Peda
Ikan asin peda yang dipepes merupakan olahan ikan asin yang paling populer. Penambahan petai, daun kemangi, dan jagung semakin menambah cita rasa. Olahan pepes yang biasanya mempunyai kekuatan pada racikan bumbu halus dan rempah, tidak ditemukan pada pepes ikan peda ini. Ikan asin peda sudah memiliki rasa yang gurih dan empuk. Yang dibutuhkan hanya irisan bumbu sebagai penyedap rasa dan penambahan bahan lain untuk menambah cita rasa.

Ikan Asin Cabai Hijau 
Banyak sekali variasi resep ikan asin cabai hijau ini, dari komposisi bumbu hingga jenis ikan asin yang digunakan. Namun pada umumnya, jenis ikan asin yang digunakan antara lain ikan asin bulu ayam, ikan asin gabus, ikan asin teri jengki dan beberapa jenis lain. Hal utama yang menjadi ciri khas olahan ini adalah penggunaan cabai hijau, cabai rawit hijau, dan tomat hijau. Perpaduan ikan asin dengan ketiga bumbu utama itu membuat cita rasa ikan asin menjadi lebih unik, terlebih jika ditambah dengan perasan jeruk limau dan dipadukan dengan nasi putih hangat.

Ikan Asin Goreng Kering
Jenis olahan yang satu ini biasanya menggunakan jenis ikan asin gabus yang digoreng kering, kemudian diberi racikan bumbu pedas yang terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat merah yang sebelumnya sudah ditumis dengan sedikit minyak goreng. Olahan ini paling mudah dibuat karena tidak memerlukan persiapan khusus. Apalagi, bumbu yang diperlukan cukup ditumbuk kasar.

Tumis Taoge Ikan Asin
Memadukan ikan asin dengan sayuran menjadi pilhan yang tepat. Olahan mudah ini hanya memerlukan bumbu seperti menumis pada umumnya. Ikan asin yang digunakan biasanya ikan asin jambal roti yang berdaging tebal dan empuk. 

Itulah 5 ide olahan ikan asin yang bisa dicoba. Semua jenis olahan ikan asin paling enak disantap bersama nasi putih hangat. Biasanya, nasi putih yang dibutuhkan tidak cukup 1 piring untuk menemani sajian ikan asin. Namun, hati-hati bagi penderita hipertensi, kelebihan garam akan mengganggu kondisi Anda. Jadi, olahan ikan asin mana yang Anda suka? (AH)

image source: https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-ikan-gabus-asin-balado-cabe-ijo-yang-enak-mudah-dan-lezat

Kegiatan Cimahi

Headline News