Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

Teknik Belajar yang Oke buat Remaja

Tanggal diterbitkan: 29/10/2018


Saat ini, sekolah dengan sistem full day school menjadi alternatif yang banyak dipilih orang tua maupun anak sebagai tempat menimba ilmu. Tak aneh melihat pemandangan anak sekolah yang berangkat pagi-pagi sekali dan pulang saat hari sudah sangat sore, bahkan malam hari karena setelah sekolah dilanjutkan dengan les atau bimbingan belajar. 

Beban belajar yang berat dengan kurikulum sekarang ini membuat remaja kekurangan waktu untuk melakukan kegiatan lainnya. Untuk itu, remaja perlu teknik belajar yang oke untuk mendukung kegiatan belajarnya agar hasil yang dicapai bisa maksimal, tetapi tetap bisa aktif di kegiatan lain.

 Lalu, taknik belajar apa yang bisa dipilih remaja? Teknik belajar ini dikenal dengan teknik belajar SQ3R, yaitu Survey, Question, Read, Recite, dan Review. Sebetulnya, SQ3R ini adalah salah satu teknik belajar yang digunakan untuk membaca buku dan memahami isinya. 

Teknik ini diperkenalkan untuk pertama kalinya oleh Francis P. Robinson dari Universitas Ohio, Amerika Serikat. Teknik ini bersifat praktis dan dapat diaplikasikan dalam berbagai pendekatan belajar. Remaja bisa menggunakan teknik ini untuk memahami isi buku dengan lebih mudah dan cepat. Langkah-langkah untuk melakukan teknik bekajar ini adalah:

Survey atau Tinjau 
Ini merupakan langkah awal untuk melakukan penelaahan secara sepintas terhadap keseluruhan teks yang akan dibaca. Tujuannya adalah untuk mengetahui panjang sebuah teks, judul bagian, judul sub bagian, istilah, kata kunci, dan hal lain yang dianggap penting untuk mendapatkan gambaran umum dari isi buku yang akan dibaca.

Untuk melakukan tahap ini, berti tanda pada bagian daftar isi, paragraf pembuka dan paragraf penutup dalam setiap bagian, atau pada bagian kesimpulan. Ada juga cara yang lebih mudah, yaitu dengan membandingkannya dengan catatan dari guru saat di kelas untuk mengidentifikasi bagian yang dianggap penting oleh guru. Jika ada bagian yang sering diulang-ulang oleh guru, bisa jadi itu merupakan bagian penting.

Untuk memberi tanda, siapkan stabilo atau alat penanda lainnya. Tandai pada bagian-bagian tertentu yang merupakan poin penting sehingga akan memudahkan dalam menyusun daftar pertanyaan yang akan dilakukan pada langkah berikutnya.

Question atau Soal 
Susun pertanyaan dengan jelas, singkat, dan relevan dengan bagian-bagian teks yang telah ditandai tadi. Pertanyaan bisa dibuat berdasarkan dengan menggunakan rumus 5W 1H, yaitu apa, mengapa, bagaimana, di mana, siapa, kapan, dan sebagainya. Bisa juga dengan membuat pertanyaan untuk diri sendiri yang berguna untuk mengukur sudah sejauh mana penguasaan terhadap materi yang dijelaskan guru.

Read atau Baca
Mulailah membaca secara aktif  dalam rangka mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun. Fokuskan pada bagian paragraf yang telah diperkirakan memiliki jawaban yang relevan. Kurangi kecepatan membaca atau bahkan berhenti sejenak untuk mengulangi bagian paragraf yang dirasa sulit. Buatlah kesimpulan singkat dari paragraf yang sulit tersebut. 

Recitea atau Menceritakan Kembali
Recite atau menceritakan kembali jawaban-jawaban atas pertanyaan yang telah disusun. Sebisa mungkin, ketika melakukan langkah keempat ini, kamu tidak membuka catatan pada langkah sebelumnya. Jika ada yang belum bisa kamu ulang kembali dengan baik, usahakan untuk tetap terus melanjutkan langkah ini sampai selesai. 

Recite bisa dimulai dengan berbicara kepada diri sendiri atau bisa juga menggunakan catatan mind mapping untuk lebih mudah mengingat isi dari buku yang sudah dibaca. Recite akan semakin kuat karena menggunakan semua sensor tubuh seperti melakukan gerakan saat sedang mengulangnya.

Review atau Meninjau Ulang
Ini merupakan langkah terakhir yang dilakukanm yaitu meninjau ulang atas pertanyaan dan jawaban sehingga akan diperoleh sebuah kesimpulan yang dapat menggambarkan keseluruhan isi buku. 

Nah, bagaimana, siap mencoba tips di atas?  (AH)

image source: https://www.raywenderlich.com/467-learning-techniques-for-programmers-by-programmers

Kegiatan Cimahi

Headline News