Pencarian :

Artikel • Detail Artikel

7 Kulit Buah yang Memiliki Segudang Manfaat untuk Tubuh

Tanggal diterbitkan: 28/11/2018


Kulit adalah lapisan terluar buah-buahan. Sayangnya, bagian yang satu ini sering dianggap tidak berharga. Tak heran kalau saat hendak mengonsumsi beragam buah, kebanyakan orang akan mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Beberapa jenis buah dianjurkan untuk dikonsumsi beserta kulitnya. Hal ini tentunya bukan tanpa sebab. Kandungan dalam kulit buah tersebut rupanya tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan, ada zat tertentu yang lebih banyak terdapat di kulit dibandingkan dalam daging buahnya. Wow, menakjubkan, ya! Berikut adalah jenis kulit buah yang mempunyai segudang manfaat bagi tubuh.

Kulit Pisang
Penelitian di Chung Shan Medical University, Taiwan, menyatakan bahwa ekstrak kulit pisang mampu menyeimbangkan hormon, menciptakan suasana hati yang bahagia, dan mengurangi depresi. Ketika Anda hendak membuat smoothies, disarankan menyertakan kulit serta daging buah pisang, kemudian blender hingga halus, dan tambahkan es batu. Anda juga bisa langsung merebus kulit pisang selama sekitar 10 menit, lalu konsumsilah air rebusannya secara teratur guna mendapatkan hasil optimal. Kandungan lutein pada kulit pisang mampu lindungi retina mata, lo. 

Kulit Kiwi
Daging kiwi berwarna hijau dan berbiji hitam kecil-kecil. Buah ini berkhasiat bagi kesehatan tubuh apabila rutin dikonsumsi. Beberapa  zat yang terkandung dalam kulit kiwi, antara lain senyawa felonik, folat, serta antioksidan. Kandungan antioksidan yang tiga kali lebih tinggi dari jeruk mampu mencegah kanker dan bersifat antiinflamasi. Anda pun disarankan membuat smoothies kiwi lengkap dengan kulitnya yang berbulu.

Kulit Apel
Buah renyah dengan citarasa asam manis ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tak heran, ya, ada istilah an apple a day, keep the doctor away. Di samping daging buah yang kaya vitamin C, kandungan kulit apel pun rupanya tak kalah dahsyat, lo. Kulit apel mengandung asam folat yang berguna untuk menurunkan obesitas serta flavonoid yang bermanfaat meningkatkan daya tahan dan memerangi sel kanker. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi apel bersama kulitnya, ya.

Kulit Mentimun
Buah lonjong dengan kandungan air cukup tinggi ini sangat cocok disantap kala musim pancaroba guna mencegah dehidrasi. Sebagian orang mengonsumsi timun setelah dikupas terlebih dahulu. Padahal, kulit mentimun rendah kalori, namun kaya serat. Tak heran apabila buah ini selalu masuk dalam daftar bahan makanan pilihan guna membantu menurunkan bobot tubuh. Di samping itu, kandungan vitamin K dan vitamin A bermanfaat untuk memperkuat tulang serta baik bagi mata.

Kulit Lemon
Buah berkulit kuning terang dengan daging keputihan ini mampu membuat seseorang kian cantik dan bugar. Tak hanya dapat membersihkan kulit serta berperan dalam penurunan berat badan, kandungan senyawa salvestrol Q40 dan limonene pada kulit lemon ternyata bisa mengusir racun dan menurunkan tingkat stres, lo.

Kulit Putih Semangka
Bagian kulit putih semangka yang sering Anda buang kala mengonsumsinya ternyata kaya nutrisi, lo. Di dalam kulit putih semangka terkandung senyawa citrulline yang dapat menangkal radikal bebas serta membantu mengontrol bobot tubuh dan tekanan darah. Hmm … kalau Anda berniat mengonsumsi buah ini, jangan buang kulit putihnya, ya.

Kulit Delima
Buah delima memiliki banyak biji dan kulit kemerahan. Delima termasuk jenis beri-berian dengan nama latin Punica granatum. Kulit buah sejuta biji ini baik bagi kesehatan jantung, mampu melawan jerawat, serta memperkuat tulang.

Ternyata, tidak hanya daging buah saja yang kaya gizi, ya. Kulit buah pun mempunyai beragam zat yang berguna untuk kesehatan serta kecantikan. Mulai sekarang, jangan ragu konsumsi jenis buah di atas bersama kulitnya. Salam cantik dan sehat! (AH)

image source: https://pixabay.com/en/apples-knife-fruit-peel-skin-1803049/

Kegiatan Cimahi

Headline News