Pencarian :

Berita • Detail Berita

Mudik Sebaiknya Memanfaatkan Angkutan Massal

2015-07-06 08:00:41

CIMAHI - Pemkot Cimahi mengimbau warga masyarakat yang hendak melakukan mudik ke kampung halamannya masing-masing sebaiknya memanfaatkan angkutan massal seperti bus bukan kendaraan sepeda motor.

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi Erick Yudha Buana mengatakan, mudik menggunakan sepeda motor sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas ketimbang menggunakan moda transportasi lainnya termasuk bus.

"Memang menggunakan sepeda motor jauh lebih murah dan praktis. Tapi, mudik pakai motor jauh lebih berbahaya," katanya, kepada pewarta, Kamis (2/7/2015).

Menurut dia, seharusnya yang menjadi pertimbangan utama para pemudik adalah keselamatan bukan sekadar faktor ekonomis. Setiap, tahunnya angka kecelakaan pemudik yang menggunakan sepeda motor selalu menjadi yang tertinggi.

Bagi mereka yang hendak menggunakan bus tak perlu khawatir mengenai kelaikan jalan armada. Pasalnya, Dinas Perhubungan Kota Cimahi akan melakukan pengujian administrasi dokumen kendaraan.

Pemeriksaan terhadap dokumen kelaikan jalan kendaraan atau KIR dilakukan karena mayoritas bus yang melintas di Cimahi izinnya dikeluarkan oleh daerah lain.

"Karena angkutan bus yang beroperasi di Cimahi itu kebanyakan berasal dari luar Cimahi sehingga izinnya pun dikeluarkan dari daerah lain. Nah, kami periksa betul nggak itu dokumen yang mereka miliki itu," pungkasnya.(ha)


Kegiatan Cimahi

Headline News