Pencarian :

Berita • Detail Berita

ASN Harus Lebih Peduli Kesehatannya

2017-03-13 09:18:49

CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi meminta mayoritas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi untuk menjaga pola hidup sehat seperti minum obat, rajin berolahraga.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Fitriani Manan menjelaskan, berdasarkan skrining pemeriksaan kesehatan para ASN Pemkot Cimahi dilakukan selama lima hari dari pada  1-5 Februari 2017. Dari 1.240 ASN yang ada, yang diperiksa saat itu hanya 1.162, sisanya belum diperiksa karena saat itu ada yang dinas luar serta berbagai kepentingan lainnya.

Hasilnya diketahui bahwa riwayat kesehatan penyakit tidak menular para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi kebanyakan ASN mengalami obesitas sentral dan hypertensi.

"Yang hasilnya tinggi, kita suruh minum obat, olah raga, kemudian nanti diperiksa ulang karena kalau kolestrol tinggi, itu merupakan faktor risiko penyakit jantung coroner," katanya, kepada pewarta, Minggu (12/3).

Dia mengungkapkan, pemeriksaan riwayat kesehatan dilakukan untuk mengetahui sejak dini kesehatan para ASN untuk penyakit tidak menular, seperti jantung koroner. Saat skrnining kesehatan beberapa waktu lalu itu meliputi pengukuran berat badan, tinggi badan, tensi darah, gula darah dan kolestrol.

Sebetulnya, kata dia, selain jantung, ada penyakit tidak menular lainnya, seperti kanker. Tapi, kata dia, saat ini pihaknya fokus ke penyakit jantug.

Rencananya, terang dia, pihaknya akan mengadakan kembali pemeriksaan riwayat kesehatan bagi para ASN. Jika pemeriksaan sebelumnya dilakukan dengan menggandeng piha lain, untuk selanjutnya akan diadakan mandiri oleh Dinas Kesehatan Kota Cimahi.

"Untuk hasilnya, akurasi ketepatannya kita belum tahu. Tapi setidakanya itu jadi warning bagi kita untuk lebih memperhatikan kesehatan kita, menjaga pola makan, istirahat yang cukup," pungkasnya.

Kegiatan Cimahi

Headline News