Berita • Detail Berita

Dishub Janji Perbaiki Layanan Parkir

2017-03-21 09:46:22

CIMAHI - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi berjanji terus mengupayakan perbaikan layanan parkir dengan cara membuat kajian mengenai layanan parkir paripurna yang dilakukan sebuah daerah.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Ruswanto mengatakan, hasil kajian tersebut diharapkan ada rekomendasi yang bida ditindaklanjuti untuk perbaikan pelayanan parkir dan juga peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah).

"Kami akan laksanakan kajian untuk melihat potensi sesungguhnya dilapangan sehinnga dari hasil itu rekomendasinya apa yang bisa kita laksanakan," katanya, kepada pewarta, Minggu (19/3)

Dikatakan Ruwanto, pendapatan yang dihasilkan dari retribusi parkir cukup potensial, tapi memang perlu penataan agar lebih baik. Kontribusi retribusi parkir pada 2016 terhadap PAD mencapai Rp459.800.000. Raihan tersebut melebihi target yang dicanangkan Dinas Perhubungan Kota Cimahi.

Dikatakan dia, raihan PAD dari retribusi parkir didapat dari sekitar 98 titik parkir on street yang dikelola sekitar 167 juru parkir. Parkir on street ialah parkir yang berada dibadan jalan, sedangkan parkir off street ialah parkir yang berada di dalam dan hasilnya langsung masuk ke dalam pajak yang dikelola Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bapenda).

"Yang off street, kalau mereka berizin kami ambil pajak parkirnya, yang on street ke kita (Dishub). Sekecil apapun kita kelola," ucapnya.

Mengenai tarif yang belaku untuk parkir on street Rp1.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp2.000 untuk kendaraan roda empat.
Disinggung mengenai Peraturan Daerah (Perda) mengenai retribusi parkir, terang Ruswanto, informasinya sudah ada di Bagian Hukum Kota Cimahi.

"Katanya sudah, tapi saya juga masih menunggu dari bagian hukum," pungkasnya. (HDA)

Kegiatan Cimahi

Headline News