Pencarian :

Berita • Detail Berita

Dinkes Kota Cimahi Gelar Sosialisasi Gerakan Bebas Jentik Nyamuk

2017-03-21 09:48:09

CIMAHI.- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi menggelar Sosialisasi Gerakan Serentak Rumah Kami Bebas Jentik tahun 2017", di Aula Gedung B Komplek Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Senin (20/3/2017). 
Sosialisasi diikuti 60 peserta dari Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Puskesmas, Kepala Seksi Pemberdayaan dari seluruh kelurahan dan para kader juru pemantau jentik-Jumantik. 
Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Fitriani Manan mengatakan, penyakit yang disebarkan oleh nyamuk sebagai vektor tak sebatas demam berdarah dengu (DBD). "Karena itu, tiap rumah harus memastikan bebas dari jentik nyamuk untuk menghadang penyakit tersebut," ujarnya.
Jenis penyakit yang disebarkan oleh nyamuk diantaranya DBD, Juga Cikunguya, filariasis dan Malaria. 
"Maka, harus terus mendapat perhatian karena kasus penderitanya di Kota Cimahi cukup tinggi," ucapnya.
Gerakan Serentak Rumah Kami Bebas Jentik tahun 2017 bakal digelar pada 27 Maret 2017 mendatang. Selama ini, kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan pemantauan jentik nyamuk dilaksanakan setiap minggu.
"Harus kembali diingatkan untuk membersihkan lingkungan dari jentik nyamuk," imbuhnya.
Kedepan juga akan diterapkan program gerakan satu rumah satu jumantik, artinya petugas jumantik harus dari keluarga itu sendiri. 
"Salah satu anggota keluarga harus ada yang bertugas untuk memantau jentik di semua tempat-tempat yang memungkinkan jadi tempat perkembangbiakan jentik nyamuk", tuturnya. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News