Pencarian :

Berita • Detail Berita

Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman

2017-07-07 10:15:32

CIMAHI- Pola konsumsi pangan masyarakat sampai saat ini masih menunjukkan kecenderungan kurang beragam dari jenis pangan dan keseimbangan gizinya. Beras masih mendominasi dalam pola konsumsi pangan masyarakat, sementara konsumsi sumber karbohidrat lainnya yang dahulu biasa dikonsumsi semakin tergeser sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat, hal itu disampaikan oleh Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto saat acara Lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) tingkat Kota Cimahi tahun 2017 yang berlangsung di selasar Gedung, B Komp. Perkantoran Pemkot Cimahi, Jl. Rd. Demang Hardjakusumah.

Sudiarto melanjutkan untuk menghilangkan ketergantungan terhadap salah satu jenis pangan pemerintah berencana membuat program one day no rice dimana dalam dalam satu minggu mengkonsumsi bahan makanan pokok (karbohidrat) lokal selain nasi dan terigu yaitu pada hari kamis dan menghidangkan makanan B2SA pada acara dan kegiatan di lingkungan kantor

disampingitu, konsumsi sayur dan buah, umbi-umbian, pangan hewani, dan kacang-kacangan masih rendah sehingga perlu ditingkatkan.

“Untuk itu, maka perlu upaya secara terus menerus untuk merubah pola konsumsi masyarakat ke arah pola konsumsi pangan B2SA,” ujar Sudiarto

Sudiarto menjelaskan untuk menghilangkan ketergantungan terhadap salah satu jenis pangan dapat dimulai dengan mengenalkan dan menghapus pandangan nilai-nilai lama yang menempatkan satu jenis pangan sebagai pangan masyarakat, selain itu potensi pangan lokal yang besar di kota cimahi dapat digolongkan sebagai sumber pangan pilihan alternatif dengan tetap memperhatikan pemenuhan gizi yang seimbang dan aman agar terciptanya hidup sehat dan produktif.

“Konsumsi pangan yang berkualitas dapat diwujudkan zat gizi lengkap dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan, serta memperhatikan cita rasa, daya cerna, daya terima dan daya beli masyarakat,” ujar Sudiarto.

Lomba B2SA ini diikuti oleh Kader PKK Kota Cimahi yang mewakili Lima Belas kelurahan yang ada di Kota Cimahi.

tujuan lomba masak cipta menu B2SA ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang, dan aman (B2SA) berbasis bahan pangan lokal dalam mendukung kehidupan yang sehat dan produktif. (HAS)


Kegiatan Cimahi

Headline News