Pencarian :

Berita • Detail Berita

Kuota Minimarket Legal Cimahi Tinggal 34

2017-08-04 09:32:58

CIMAHI - Sisa kuota minimarket legal di Cimahi tinggal 34 outlet dari total minimarket yang ada saat ini 140 unit. Sementara sesuai Perda No 8/2012 tentang Perlindungan Pasar Tradisional, Pasar Perbelanjaan dan Pasar Modern maka seharusnya minimarket di Cimahi tidak lebih dari 100 unit.

Kepala Seksi Perdagangan Disdagkoperin Kota Cimahi, Agus Nirwan mengungkapkan, dalam Perda tersebut rasio antara minimarket dengan jumlah penduduk ialah 1:6.000. Artinya, jika penduduk di Cimahi saat ini 600.000 jiwa, maka batas maksimal minimarket di Cimahi hanya 100 unit.

"Sekarang ini minimarket yang berizin di Kota Cimahi baru 66 outlet. Nah sisanya 34 itu, silahkan semua berlomba. Siapa cepat siapa dapat untuk memperoleh izin legalisasinya," katanya, kepada pewarta, Jumat (4/8/2017).

Dengan demikian, puluhan minimarket di Kota Cimahi terancam dibongkar paksa tahun ini, apabila tidak segera mengurus perizinan sesuai sisa kuota yang ada. Pasalnya, apabila kuota minimarket sudah mencapai 100 buah, secara otomatis sisanya harus ditutup atau dibongkar paksa oleh Satpol PP Kota Cimahi.

Menurutnya, kuota minimarket di Kota Cimahi bisa saja bertambah, tergantung pada pertumbuhan jumlah penduduk di Kota Cimahi. Yang penting, minimarket tidak melanggar aturan dan mematikan warung kecil.

Anggota Komisi II DPRD Kota Cimahi, Acep Jamaludin merasa prihatin dengan banyaknya minimarket yang tidak memiliki izin di Kota Cimahi. Maraknya minimarket di Kota Cimahi sangat mengancam keberadaan toko-toko tradisional.

"Efeknya ke persoalan perekonomian di Kota Cimahi, ada persoalan warung tradisional yang sulit bersaing dengan minimarket," ucapnya. (hda)

Kegiatan Cimahi

Headline News