Pencarian :

Berita • Detail Berita

Gebayar Bulan Vitamin A, Bulan Penimbangan Balita dan Kampanye Measles-Rubella

2017-08-09 13:35:36

CIMAHI-  Pemerintah Kota Cimahi menggelar pencanangan pemberian kapsul vitamin A, bulan penimbangan balita dan kampanye measles-rubella tingkat Kota Cimahi tahun 2017, yang dipusatkan di TK. Nusa Indah RW 19, Kelurahan Melong, Cimahi Selatan.

Bulan pemberian kapsul vitamin  A bagi balita rutin dilaksanakan 2 kali setiap tahun   yaitu pada bulan februari dan agustus. kegiatan ini dilaksanakan sebagai alat monitoring dan evaluasi program usaha perbaikan gizi di Kota Cimahi.

Selain kegiatan tersebut diatas, pada bulan agustus dan september tahun 2017 ini, terdapat agenda penting dalam upaya peningkatan kesehatan anak di Indonesia, khususnya di Kota Cimahi yaitu kampanye Measles-Rubella (MR). kegiatan ini merupakan komitmen Indonesia untuk mewujudkan tercapainya eliminasi campak dan pengendalian rubella/ Congenital Rubella Syndrome (CRS) pada tahun 2020.

kampanye MR merupakan kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun.

Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto menyampaikan pemenuhan hak-hak manusia diantaranya adalah perbaikan kesehatan anak. dimana kesehatan merupakan investasi sumber daya manusia serta memiliki kontribusi yang besar untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia.oleh karena itu, menjadi suatu keharusan bagi semua pihak untuk memelihara, meningkatkan dan melindungi kesehatan demi kesejahteraan seluruh masyarakat.

Sudiarto menjelaskan kasus campak dan rubella di Indonesia mengalami peningkatan dalam kurun waktu 2010-2013, hal tersebut terlihat dari hasil pemeriksaan laboratorium yang menunjukkan dari 45,6% yang diperiksa, didapatkan hasil 24% positif campak dan 24% positif rubella.

 campak merupakan penyakit infeksi virus akut yang sangat mudah menular yang dapat menyebabkan terjadinya komplikasi berat seperti radang paru, radang otak, radang telinga, diare, dehidrasi, gizi buruk bahkan kematian. sedangkan rubella biasanya merupakan penyakit yang ringan pada anak-anak tetapi apabila menulari ibu hamil pada awal kehamilan/ trimester pertama dapat menyebabkan terjadinya keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan yang disebut congenital rubella syndrome (crs), yang meliputi kelainan jantung, kerusakan jaringan otak, katarak, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

“Mengingat dampak yang ditimbulkan oleh penyakit campak dan rubella, yang hingga saat ini belum ada pengobatannya, maka keberhasilan pelaksanaan kegiatan kampanye imunisasi campak rubella sangat penting untuk mencegah terjadinya kasus penyakit campak dan rubella di indonesia pada umumnya dan khususnya di kota cimahi sehingga terwujud anak-anak kota cimahi yang sehat dan berkualitas sebagai investasi pembangunan bangsa,” kat Sudiarto

Sudiarto juga mengatakan mengenai adanya kekhawatiran dari sebagian masyarakat terkait keamanan dan kehalalan vaksin MR ini, dengan ini saya sampaikan bahwa vaksin ini aman, telah mendapatkan rekomendasi dari WHO dan ijin edar dari badan pOM dan telah digunakan oleh lebih dari 141 negara di dunia termasuk negara-negara Organisasi Kerjasama Islam m (OKI).

“ Majelis Ulama Indonesiajuga sudah mengeluarkan fatwa no. 4 tahun 2016 tentang imunisasi bahwa pada dasarnya imunisasi adalah mubah sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya suatu penyakit tertentu. dalam hal jika seseorang tidak diimunisasi akan menyebabkan kematian, penyakit berat atau kecacatan permanen yang mengancam jiwa, maka imunisasi hukumnya wajib,” jelas Sudiarto.

Sudiarto pun mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus berusaha melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka mewujudkan generasi penerus yang berkualitas.

saya menghimbau kepada para ibu balita untuk senantiasa membawa anaknya ke posyandu dan memanfaatkan semua fasilitas yang ada di posyandu dan agar semua anak umur 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun yang ada di wilayah di kota cimahi mendapatkan imunisasi campak rubella selama masa kampanye mr bulan agustus sampai september 2017.

“Mari kita sukseskan kegiatan kampanye measles rubella, pemberian kapsul vitamin a dan bulan penimbangan balita di kota cimahi agar anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas,” tutupnya. (HAS)


Kegiatan Cimahi

Headline News