Pencarian :

Berita • Detail Berita

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cimahi Bakal Periksa Hewan Kurban

2017-08-09 13:39:41

CIMAHI.- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cimahi bakal melakukan pemeriksaan hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha 2017. Hal itu untuk memastikan hewan kurban yang dibeli masyarakat sehat dan memenuhi syariat Islam. 
"Kita akan keliling ke sejumlah tempat penjualan hewan kurban dan ternak untuk melakukan pemeriksaan. Kita akan beri gelang di kaki hewan yang sudah dinyatakan sehat," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pertanian DKPP Kota Cimahi, Mita Mustikasari.
Hewan kurban yang dijual harus memenuhi syarat sehat dan sesuai aturan Islam. Diantaranya tidak cacat yakni tanduk lengkap, kulit mulus, tidak pincang, dan buah zakar lengkap. 
"Umumnya hewan sehat itu memiliki ciri-ciri fisik, seperti mata jernih, lincah, dan tidak ada luka," jelas Mita.
Lebih jauh Mita menjelaskan, hewan layak dikurbankan itu berkelamin jantan, dan cukup umur. Kategori cukup umur ini bisa dilihat dari kondisi gigi hewan. Untuk sapi dan kerbau berumur di atas dua tahun yang ditandai sudah tumbuhnya lebih dari sepasang gigi tetap. 
"Kalau domba dan kambing berumur di atas satu tahun bisa diindikasikan dengan jumlah gigi susu hewan yang sudah ganggal," bebernya.
Pihaknya juga akan menerjunkan 26 orang petugas yang akan memeriksa hewan kurban yang ada di Kota Cimahi. Petugas tersebut akan disebar ke masing-masing kelurahan.
"Petugas ini nantinya mengecek kondisi kelayakan dan kesehatan hewan kurban yang akan dijual. Setelah dinyatakan sehat serta sesuai syariat Islam, hewan kurban dikasih gelang tanda Sehat," katanya.
Pihaknya mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli hewan kurban. Masyarakat juga perlu waspada terhadap adanya penyakit yang ada dalam hewan kurban. 
"Pastikan membeli hewan kurban yang sudah diberi label sehat," katanya. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News