Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pemkot Cimahi Laksanakan Amanat Perlindungan Anak

2017-08-11 09:55:46

CIMAHI - Pemerintah Kota Cimahi telah melaksanakan amanat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 18 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak yang mengatur tentang upaya mencegah, mengurangi dan menangani anak yang menjadi korban tindak kekerasan, ekspliotasi, perlakuan salah dan penelantaran anak.

Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3) Kota Cimahi, Erick Yudha mengatakan, perda diinisiasi untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan terhadap anak, baik kekerapasan psikis maupun fisik.

"Kita mengantisipasinya jangan sampai kejadian itu (kekerasan), dengan adanya Perda. Anak-anak itu punya hak untuk menjalani masa keemasannya agar kelak dewasa bisa menjadi penerus bangsa," kata Erik kepada pewarta, Kamis (10/8). 

Selain itu, ada juga pemda pun diharuskan mengoptimalkan peran dan fungsi lembaga di lingkungan pemerintah daerah terkait untuk melakukan pencegahan, pengurangan risiko kerentanan dan penanganan tindak kekerasan, eksploitasi dan perlakuan salah.

Sepanjang 2016, kasus kekerasan di Cimahi tercatat ada 16 kasus kekerasan. Jumlah tersebut bercampur mencakup keseluruhan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Khusus kekerasan terhadap anak, tahun 2016 ada dua kasus, sementara tahun 2017, hingga Juli mencapai tiga kasus saja.

Untuk itu, Erick mendorong masyarakat agar berperan aktif untuk mencegah terjadinya tindak kekerasan, khususnya terhadap anak. Peran masyarakat atau keluarga sangat penting dalam mencegah kekerasan terhadap anak.

"Yang jelas untuk menghadapi itu semua adalah ketahanan keluarga karena tidak lepas dari pendidikan. Pendidikan itu tidak harus secara formal, di luar juga proses pendidikan dibutuhkan anak," pungkasnya.

Kegiatan Cimahi

Headline News