Pencarian :

Berita • Detail Berita

Hewan Kurban di Masjid Turun Drastis Lantaran Bentrok

2017-09-04 06:25:08

CIMAHI - Jumlah hewan kurban yang dititipkan di Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Kota Cimahi pada Idul Adha 1438 Hijriyah mengalami penurunan menjadi satu ekor sapi dan 11 ekor domba adu dari sebelumnya tiga sapi dan 13 kambing.

Ketua DKM Masjid Agung Cimahi Kota Cimahi, Totong Solehudin mengatakan, hewan kurban yang dititipkan di Masjid Agung Cimahi merupakan titipan dari jamaah masjid yang nantinya akan disalurkan untuk masyarakat sekitar masjid serta orang lain yang membutuhkan dan kebetulan berada di lingkungan Masjid Agung Kota Cimahi.

"Dari pemerintah kota khususnya dari Wakil Wali Kota dan beberapa dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya. Memang tidak diwajibkan, karena kami hanya mengimbau saja," katanya, kepada pewarta, Jumat (1/9).

Mengenai jumlah hewan yang mengalami penurunan, lanjut Totong, lantaran Masjid Agung Cimahi ini yang ada di lingkungan RW 05 Kelurahan Cimahi, Kecamatan Cimahi Tengah. Pada saat yang bersamaan RW 05 sendiri sama-sama menggelar kegiatan kurban. 

Demi menjaga suasana ketertiban, penyaluran daging kurban menggunakan sistem kupon. Tapi, jumlah kupon yang akan disalurkan terlebih dahulu disesuaikan dengan porsi daging yang akan dibagikan nantinya. Tahun sebelumnya, Masjid Agung Cimahi menyiapkan sekitar 300-450 kupon yang diberikan bagi masyarakat sekitar.

Mengenai penerima daging kurban, Totong menjelaskan bahwa yang berhak menerima berdasarkan skala prioritas yaitu mereka yang berada di sekitar masjid, meskipun kemungkinan sudah mendapatkan di wilayah tempat tinggalnya.

"Selain itu juga untuk yayasan atau wilayah lain yang mengajukan permintaan jatah daging. Kalau memang layak dibantu pasti akan dibantu, kalau tidak ya mohon maaf hanya menerima dari wilayahnya saja," pungkasnya.

Kegiatan Cimahi

Headline News