Pencarian :

Berita • Detail Berita

Dinkes Optimistis Vaksin MR Mencapai 95%

2017-09-11 07:06:46

CIMAHI - Dinas Kesehatan Kota Cimahi optimistis target 95% anak terimunisasi vaksi Mesles Rubella (MR) akan tercapai, meski pada pekan pertama September 2017 ini baru 59,2% anak dari total 139.158 anak yang harus diimunisasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Fitriani Manan mengatakan, saat ini jumlah anak yang telah divaksin mencapai 82.381 anak. Sesuai dengan intruksi pemerintah pusat program imunisasi ini dilaksanakan dari 1 Agustus hingga 30 September 2017.

"Kami upayakan 95% bisa tercapai karena secara perlahan jumlahnya akan terus bertambah karena petugas di lapangan terus bergerak," katanya, kepada pewarta, di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Demang Hardjakusumah, Kamis (8/9). 

Kampanye imunisasi vaksin MR dilakukan untuk mengeliminasi penyakit campak di Indonesia, termasuk di Kota Cimahi. Fitri memastikan, imunisasi ini tidak akan menyebabkan kelumpuhan pada anak. Kalaupun ada efeknya, itu hanya berupa demam dan bengkak saja. 

Perihal sertifikasi halal yang belum dikeluarkan, Fitriani menegaskan hal tersebut menjadi kewenangan dari pemerintah pusat dan diakuinya pula masih ada sejumlah keluarga yang menolak saat diberikan sosialisasi.

Sosialisasi itu dilakukan para kader kesehatan, petugas Puskesmas hingga kepala Puskesmas. Sedangkan bagi mereka yang secara bulat menolak untuk divaksin, maka yang bersangkutan diminta membuat surat pernyataan diatas kertas sebagai bukti di kemudian hari apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Dirinya mengingatkan kepada seluruh orang tua yang memiliki putra dan putri berusia 7 bulan hingga 15 tahun untuk melakukan imunisasi MR di Posyandu maupun Puskesmas terdekat. Hal ini demi kebaikan fisik dari kelumpuhan.

Kegiatan Cimahi

Headline News