Pencarian :

Berita • Detail Berita

Dishub Kota Cimahi Dorong Kendaraan Lakukan Uji KIR

2017-09-11 07:09:39

CIMAHI.- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi terus berupaya mendorong para pemilik kendaraan untuk melakukan uji kelaikan kendaraan (Uji KIR). 
Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Dishub Kota Cimahi Ranto Sitanggang menjelaskan kesadaran uji Kir kendaraan umum harus ditingkatkan.
"Kendaraan umum betul-betul harus melakukan pengecekan terhadap kelaikan armadanya," jelasnya.
Banyak hal yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran melakukan uji KIR secara berkala. Diantaranya tindakan preventif dengan melakukan sosialisasi kepada penyedia jasa layanan angkutan. Serta upaya represif dengan melakukan penilangan, termasuk operasi penertiban secara berkala.
Dijelaskan Ranto, Kir kendaraan bukan hanya untuk sekadar mematuhi regulasi dari pemerintah saja. Lebih dari itu, uji Kir ini untuk menjaga keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pengemudi, serta keselamatan penumpang maupun pengguna jalan lalu lintas lainnya.
"Dengan melakukan uji KIR, maka dapat diketahui apakah kendaraan tersebut laik jalan atau tidak," katanya.
Banyaknya kejadian kecelakaan lalulintas oleh angkutan, dikarenakan tidak memperhatikan kelayakan angkutan. "Seharusnya dilakukan uji Kir/kelaikan angkutan setiap 6 bulan sekali," sambung Ranto.
Prosedur melakukan uji KIR yaitu pemohon datang ke kantor Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) dengan membawa kelengkapan administrasi, seperti STNK, buku Kir lama, surat registrasi uji type kendaraan bermotor, dan surat permohonan pengujian yang ditandatangani.
Selain itu, membawa kendaraan yang bersangkutan untuk langsung dilakukan pengujian oleh para penguji yang sudah bersertifikat
"Uji Kir dapat dilakukan di kantor PKB di setiap Pemerintah Daerah. Dan juga sekarang sudah di buka kantor uji Kir oleh pihak swasta," jelas Ranto. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News