Pencarian :

Berita • Detail Berita

Capaian Sebulan Vaksinasi MR Kota Cimahi

2017-09-11 09:33:38

CIMAHI.- Hingga sebulan pelaksanaan kampanye imunisasi vaksin Measles Rubella (MR), di Kota Cimahi tercatat 82.381 anak yang mendapatkan imunisasi. Dinas Kesehatan Kota Cimahi menargetkan sebanyak 139.158 anak usia 7 bulan hingga 15 tahun untuk mendapatkan imunisasi vaksin MR. 
Kampanye imunisasi vaksin MR merupakan program dari pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan, yang dimulai sejak 1 Agustus hingga 30 September 2017 mendatang.
"Yang sudah diimunisasi sekitar 59,2 persen. Kita upayakan 95 persen tercapai. Masih ada waktu sampai akhir bulan nanti, akan kita kebut," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Fitriani Manan.
Fitriani mengatakan, kampanye imunisasi vaksin MR dilakukan untuk mengeliminasi penyakit campak di Indonesia, termasuk di Kota Cimahi. 
"Kalau kita ingin mengeliminasi campak supaya tidak ada lagi di Indonesia, cakupannya minimal harus 95 persen," katanya. 
Dirinya memastikan imunisasi ini tidak akan menyebabkan kelumpuhan pada anak. Kalaupun ada efeknya, hanya berupa demam dan bengkak saja. dengan demikian, orangtua tidak perlu khawatir dengan efek yang timbul pada anak.
Perihal sertifikasi halal yang belum dikantongi oleh vaksin MR itu sendiri, Fitriani menegaskan hal tersebut menjadi kewenangan dari pemerintah pusat. 
Pihaknya menghimbau kepada seluruh orangtua yang memiliki anak usia 7 bulan hingga 15 tahun untuk segera melakukan imunisasi MR di Posyandu maupun Puskesmas terdekat. 
"Harapannya, semua anak kalau ingin fisiknya sehat harus diimunisasi. Jangan sampai menyesal kalau sampai tidak diimunisasi," pungkasnya. (RR)**

Kegiatan Cimahi

Headline News