Pencarian :

Berita • Detail Berita

61 Koperasi di Cimahi Diamputasi

2017-10-10 05:00:55

CIMAHI - Demi tertibnya administrasi dan menghindari terjadinya tindak pidana penipuan berkedok koperasi, sebanyak 61 koperasi di Kota Cimahi dibekukan oleh Dinas Perdagangan koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperind).

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Disdagkoperind Kota Cimahi, Rina Mulyani mengatakan, tidak menutup kemungkinan jumlah koperasi yang harus ditutup akibat tidak lagi menjalankan kewajiban dasarnya sesuai aturan sesuai dengan hasil penelitian administrasi. 

"Nah hasil pendataan sementara koperasi yang nggak aktif dan bisa dibubarkan ada 61 koperasi. Sisanya masih tahap verifikasi ke lapangan," katanya, kepada pewarta, Jumat (6/10).

Disebutkannya, total jumlah koperasi yang ada di Cimahi sebanyak 420. Dengan demikian, yang tersisa di tahun ini tinggal 359 koperasi. Rina berharap agar tidak lagi ada koperasi yang harus diamputasi lagi lantaran tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) selama tiga tahun berturut-turut.

Selain itu, kebanyakan koperasi di Kota Cimahi kurang mengetahui tentang koperasi, ada juga lemah dalam pengawasan dan pengurus yang kurang amanah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pihaknya kerap melakukan pelatihan dan pembinaan.

"Kami memberikan pembekalan kepada mereka mengenai cara pembukuan, pengelolaan, cara mencari jaringan dan sebagainya," ucap Rina.

Menurutnya, koperasi sangat membantu terhadap kebutuhan ekonomi masyarakat Kota Cimahi. Misalnya, untuk tabungan pendidikan, tabungan kurban dan sebagainya. Koperasi yang dijalankan dengan prinsip kekeluargaan dan kebersamaan akan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat.

Peningkatan peran koperasi dalam ekonomi nasional pada akhirnya bertujuan mengurangi konglomerasi elit. Sebab laporan Credit Suisse mencatat adanya ketimpangan pada struktur ekonomi Indonesia, yakni 1% penduduk menguasai 49,3% kekayaan nasional. Bahkan, laporan yang sama menyatakan 10% penduduk terkaya Indonesia menguasai 75,7% kekayaan nasional.

Kegiatan Cimahi

Headline News