Pencarian :

Berita • Detail Berita

Penerapan e-Book Ditunda Karena Anggaran

2017-10-10 05:10:00

CIMAHI - Keinginan Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi untuk menerapkan sistem pinjam buku lewat aplikasi Elektronik Book (E-Book) terpaksa harus ditunda. Pasalnya, anggaran untuk pelaksanaan program tersebut belum tersedia.

Sekretaris Diskominfoarpus Kota Cimahi Muhammad Ronny menjelaskan, anggaran yang telah dialokasikan untuk pengembangan perpustakaan tahun ini hanya untuk pengadaan buku. Meski begitu, dirinya yakin penerapan pinjam buku dengan mekanisme e-Book akan terealisasi pada waktunya.

"Anggaran yang dialokasikan untuk pengadaan buku tertulis. Kami akan mencoba untuk mengajukan pada tahun anggaran 2018," katanya, kepada pewarta, Senin (9/10).

Dia menjelaskan, rencana penerapan e-Book karena melihat kondisi perpustakaan yang sudah semakin sempit. Apabila terus dilakukan pengadaan buku, mungkin akan semakin sempit mengingat kondisi tempat penyimpanan yang terbatas.

Sistem e-Book sendiri bisa dijadikan solusi atas permasalahan tersebut. Nantinya, para peminjam hanya cukup membaca buku lewat aplikasi dengan jenis buku yang telah disiapkan oleh Perpustakaan Kota Cimahi.

"Ruang penyimpanan sudah mulai penuh, sehingga keberadaan ruangan sudah mulai nggak cukup," ujarnya.

Berdasarkan pendataan terakhir yang dilakukan, stok buku yang terdapat di Perpusatakaan Kota Cimahi mencapai 19.383 eksemplar. Jumlah tersebut belum ditambah dengan pengadaan buku tahun 2017 sebanyak 1.200 eksemplar.

Kegiatan Cimahi

Headline News