Pencarian :

Berita • Detail Berita

Penyaluran BPNT Di 21 E-Warung

2017-11-10 05:00:17

CIMAHI.- Pendistribusian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) senilai Rp 110 ribu per bulan, sudah dapat diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Pembelian berbagai kebutuhan mulai bisa dilakukan di 21 e-Warung yang ada di Kota Cimahi.
Kepala Bidang Sosial pada Dinas Sosial Kota Cimahi, Agustus Fajar mengatakan, penyaluran BPNT ini sifatnya Keluarga Penerima manfaat (KPM) membeli sehingga mereka berhak untuk memilih barang yang akan dibelinya. Berbeda dengan dulu pembagian raskin mau beras jelek atau bagus mereka mau menerima atau tidak terserah. Tapi dengan BPNT ini, pemerintah mengupayakan agar para KPM bisa memilih komoditi apa yang diperlukan. Sebab masing-masing keluarga punya kebutuhan yang berbeda," ujarnya.
BPNT hanya bisa dibelikan barang yang masuk kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak, telur, dan sebagainya atau kepokmas.
Agustus menjelaskan, anggaran untuk BPNT dikucurkan dari Kementerian Sosial melalui BNI dan kemudian KPM bisa memesan barang yang dibutukan kepada E-Warung yang sudah ditentukan.
"Di Kota Cimahi ada sekitar 21 e-Warung yang sudah ditunjuk oleh Kemensos dan mereka sebagai agen BNI. Pada 2018 yang akan datang Kemensos menawarkan penambahan dua e-Warung untuk Kota Cimahi. Sehingga dengan tambahan dua e-Warung diharapkan KPM tidak terlalu lama mengantri dalam melakukan belanja," jelasnya.
Selain itu, di Kota Cimahi juga masih diperbantukan agen atau grosir sebagai penyalur pembelian barang dan juga dilakukan penjadwalan belanja oleh e-Warung. Hal tersebut untuk menghindari adanya antrean KPM saat belanja.
"Untuk mendapatkan barang, e-Warung dan agen dibantu pendamping mencari barang yang dibutuhkan dan dipesan oleh KPM," bebernya. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News