Pencarian :

Berita • Detail Berita

Penyandang Tuna Netra se-Kota Cimahi Peringati Hari Tongkat Putih Sedunia

2017-11-10 05:03:02

CIMAHI.- Peringatan Hari  Tongkat Putih Internasional dan Hari Sumpah Pemuda bersama Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) Cabang Kota Cimahi, diselenggarakan di Aula Gedung B, Komp. Perkantoran, Jl. Rd. Demang Hardjakusumah.
Tunanetra merupakan bagian integral dari tatanan kehidupan masyarakat yang sama dalam kedudukan, hak dan kewajibannya selaku warga negara sehingga  merupakan upaya kita bersama, untuk memberikan pengertian kepada masyarakat luas agar mengerti akan kondisi, potensi dan eksisitensi kaum tunanetra, termasuk problema dan penanganannya, hal itu disampaikan oleh Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana.
 “Melalui organisasi masyarakat dan kerjasama dengan pemerintah  marilah kita bersama-sama berjuang untuk berbuat guna diperolehnya kesetaraan hak dan kewajiban  sehingga dapat dijadikan stimulus dalam terwujudnya iklim inklusif bagi tunanetra di berbagai aspek kehidupan,” ujar Ngatiyana.
Wakil walikota melanjutkan pemerintah  sangat mendukung upaya dari persatuan tunanetra indonesia (pertuni) hadir sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan tunanetra yang bertujuan untuk mewujudkan keadaan kondusif bagi tunanetra dalam menjalankan kehidupannya sebagai manusia dan warga negara indonesia yang cerdas, mandiri dan produktif, tanpa diskriminasi dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan.
Pihaknya pun menyambut baik prakarsa dari DPC PERTUNI Kota Cimahi dalam  mengadakan kegiatan dalam rangka memperingati hari tongkat putih internasional dan hari sumpah pemuda untuk kalangan tuna netra se- Kota Cimahi ini.
Harapannya kegiatan ini dapat secara optimal memberikan kontribusi positif bagi diperjuangkannya inklusivitas yang setara untuk semua, termasuk untuk para kalangan tuna netra.
“Tunjukkanlah partisipasi dan peran serta aktif saudara-saudara sekalian dengan penuh semangat, sebagaimana semangat juang yang ditunjukkan oleh para tokoh sumpah pemuda dimana memperjuangkan ciata-cita berdirinya negara indonesia,” katanya.
Dalam kegiatan tersebut para penyandang tunanetra berjalan kaki dari SLB N Citeureup menuju kantor Pemkot Cimahi. Fasilitasi tongkat lipat diberikan oleh Lions Club Bandung Sangkuriang dan Lions Club Bandung Liberty. 
"Ini bentuk wujud kepedulian kami terhadap kaum tuna netra di Indonesia. Setiap tahun kami menyalurkan bantuan tongkat putih kepada tuna netra. Mudah-mudahan apa yang kami berikan bermanfaat bagi semuanya," ujar wakil Lions Club Bandung Sangkuriang Muttaqin Siswo Utomo.
Ketua DPC Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kota Cimahi Aristo mengatakan, warga tuna netra yang terlibat dalam kegiatan ini cukup merasa senang. "Membuka mata warga lain bahwa tuna netra bisa berjalan tanpa tergantung penuh kepada yang melihat dengan berbekal tongkat. Kami bisa berkarya asal diberi kesempatan," katanya. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News