Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pemkot Cimahi Gelar Sosialisasi UMK 2018

2017-11-28 06:15:06

CIMAHI.- Besaran nilai upah minimum kota (umk) Cimahi 2018 segera diberlakukan. Pemkot Cimahi menggelar sosialisasi besaran UMK di aula gedung B kompleks Pemkot Cimahi Jln. Rd. Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Senin (28/11/2017). 

Peserta sosialisasi yaitu perwakilan buruh dari berbagai serikat buruh/serikat pekerja dan perwakilan perusahaan se-Kota Cimahi. Turut dihadirkan narasumber yang membedah persoalan upah.

Berdasarkan keputusan Gubenur Jawa Barat, Upah Minimum Kota (UMK) Cimahi tahun 2018 mencapai Rp 2.678.028,45. "Pelaksanaannya mulai Januari 2018, harus disosialisasikan ke buruh dan pengusaha sebelum waktu berlaku," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Cimahi Supendi Heriyadi.

Dia mengatakan, dengan ditetapkannya UMK 2018 pihaknya meminta agar para buruh dan pengusaha mematuhi. "Sampai saat ini situasi di Kota Cimahi kondusif. Kalau memang ada perbedaan itu wajar. Karena buruh menginginkan kesejahteraan setinggi-tingginya, dan perusahaan ingin produksi sebanyak-banyaknya. Intinya kedua pihak ini harus saling memahami," ujar Supendi.

Terkait kesiapan perusahaan membayar upah buruh pascakenaikan UMK, perusahaan menyatakan siap. "Belum ada perusahaan mengajukan penangguhan upah seperti tahun lalu, sampai saat ini belum ada," jelasnya. 

Pihaknya bertindak selaku mediator pmantara buruh dan pengusaha. "Tentu menginginkan yang terbaik buat keduanya. Buruh harus terakomodir tapi juga jangan memberatkan perusahaan," terangnya. (RR)***


Kegiatan Cimahi

Headline News