Pencarian :

Berita • Detail Berita

Dishub Akan Kaji Retribusi Parkir

2017-12-04 10:26:50

CIMAHI - Dinas Perhubungan Kota Cimahi mengakui pendapatan dari retribusi parkir di tepi jalan atau on street sejauh ini belum maksimal. Hal itu disebabkan ada beberapa potensi titik parkir belum digarap.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ison Suhud menyebutkan, titik parkir di Kota Cimahi ada sekitar 120 titik dengan juru parkir mencapai 190 orang. Sedangkan PAD setiap tahunnya hanya bekisar Rp460 juta.

"Makanya, kami akan melakukan tentang manajmen perparkiran. Dari kajian ini diharapkan supaya pengelolaan parkir semua berlangsung tertib. Kemudian dari sisi penerimaan dapat dipertanggungjawabkan," kata Ison kepada pewarta, Rabu (29/11).

Rencananya, kajian yang dilakukan oleh tim konsultan meliputi kajian potensi titik parkir yang baru maupun yang sudah ada dan kajian pengelolaan parkir dilimpahkan ke pihak ketiga atau tetap dikelola pemkot.

Hasil kajian akan dituangkan dalam Perda (Peraturan Daerah) atau Perwal (Peraturan Wali Kota). Untuk sementara, potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi parkir di tepi jalan atau on street bisa mencapai Rp1 miliar lebih per tahunnya.

Jumlah tersebut berdasarkan hasil kajian sementara yang dilakukan oleh konsultan Dinas Perhubungan (Dishub) di Kota Cimahi. Mengenai tarif parkir sebenarnya diatur UU No 28/2009. Dalam UU tersebut, tarif parkir dikenal dengan istilah retribusi parkir yang termasuk jenis retribusi jasa umum sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 110 ayat (1) huruf e UU 28/2009,yakni retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum. 

Menurut Pasal 109 UU 28/2009, objek retribusi jasa umum adalah pelayanan yang disediakan atau diberikan Pemerintah Daerah untuk tujuan kepentingan dan kemanfaatan umum serta dapat dinikmati oleh orang pribadi atau Badan.
 
Pasal 126 UU 28/2009, objek retribusi jasa usaha adalah pelayanan yang disediakan oleh Pemerintah Daerah dengan menganut prinsip komersial yang meliputi pelayanan dengan menggunakan/memanfaatkan kekayaan Daerah yang belum dimanfaatkan secara optimal atau pelayanan oleh Pemerintah Daerah sepanjang belum disediakan secara memadai oleh pihak swasta.

Kegiatan Cimahi

Headline News