Pencarian :

Berita • Detail Berita

Khitanan Massal Dalam Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tingkat Kota Cimahi

2017-12-04 10:32:03

CIMAHI.- Hari Kesehatan Nasional (HKN) setiap tahun diperingati pada tanggal 12 November, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi menggelar kegiatan khitanan massal untuk memeriahkan HKN ke-53 tingkat Kota Cimahi. Sebanyak 75 anak se-Kota Cimahi ikut serta dalam khitanan masal tahap berlangsung di Aula Gedung B Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi.
Kepala Dinkes Kota Cimahi Pratiwi mengatakan, anak yang diikusertakan dalam khitanan masal ini berasal dari keluarga yang kurang mampu. 
"Ini pesertanya 75 anak dari perwakilan 15 kelurahan se-Kota Cimahi," terangnya.
Rata-rata usia anak yang mengikuti khitanan masal ini berusia 3 hingga 14 tahun. Secara keseluruhan, khitanan masal oleh Dinkes Kota Cimahi tahun 2017 diikuti 150 anak, yang terbagi ke dalam dua tahap. Tahap pertama sudah dilaksanakan beberapa bulan lalu.
"Kegiatan ini dalam rangka HKN, kita mengajak masyarakat terus menjaga kebersihan dan kesehatan dengan menjalankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Jaga pola makan, olahraga teratur, istirahat cukup, serta gaya hidup yang sehat. Dengan demikian, bisa menghindari berbagai penyakit, tuturnya. 
Eri Widiarini, Kepala Seksi Pelayanan dan Pembiayaan Dinas Kesehatan Kota Cimahi, mengatakan, kemungkinan jumlah anak yang mengikuti khitanan masal tahun 2018 hanya akan dilaksanakan satu tahap saja. 
"Rencana tahun depan justru berkurang, karena hanya akan diadakan saat ulah tahun Kota Cimahi," ujar Eri. 
Dikatakannya, pengkurangan jumlah untuk tahun depan dikarenakan saat ini sudah banyak swasta yang sudah menyelenggatakan even serupa.
"Cukup membantu juga, karena kan niatnya membantu mereka yang kurang mampu. Semakin banyak penyelenggaraan khitanan massal, justru bagus, jadi semakin banyak yang terbantu," tandasnya. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News