Pencarian :

Berita • Detail Berita

Perbanyak Tanam Pohon Untuk Menjaga Lingkungan Kota Cimahi

2017-12-04 10:36:38

CIMAHI.- Tingginya arus alih fungsi ruang terbuka hijau (RTH) berimbas pada menurunnya daya dukung lingkungan di Kota Cimahi. Hal itu harus dicegah dengan memperbanyak penanaman pohon untuk menyelamatkan lingkungan.
"Mempertahankan lebih susah daripada menanam. Untuk itu, kita terus pompa dengan sosialisasi agar semakin banyak masyarakat melakukan penanaman pohon untuk menjaga lingkungan tetap seimbang," ujar Walikota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan hal itu, ditemui di sela-sela penanaman pohon di SMK Karya Bhakti Pusdikpal, Jalan Pasirkumeli Kota Cimahi.
Dalam kesempatan itu, Walikota bersama Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana secara simbolis melaksanakan penanaman pohon. Total keseluruhan, ada 3.000 pohon yang akan ditanam di seluruh Kota Cimahi.
Menurut Walikota, terjadinya banjir dan longsor menunjukkan adanya kerusakan lingkungan yang dialami. 
Selain untuk mengendalikan longsor, dan banjir, penanaman pohon juga dapat menyediakan sumber air bersih di musim kemarau.
"Gerakan konservasi tanah dan air selain melalui gerakan penanaman pohon bisa juga dengan  pembuatan embung, sumur resapan dan biopori," ucapnya.
Penanaman pohon disertai konservasi tanah, dan air sebagai sinergitas pengelolaan air vertikal, akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.
“Karena tanah yang subur, dan air yang berkecukupan tidak saja baik untuk pertumbuhan pohon, tetapi juga untuk ketahanan pangan dan ketersediaan air bersih,” ungkapnya.
Dikatakan Walikota, penanaman pohon merupakan salah satu komitmen  untuk melestarikan lingkungan hidup di Kota Cimahi. Salah satu upaya yang diperlukan untuk mitigasi dampak pemanasan global dengan aksi nyata berupa penanaman dan pemeliharaan pohon yang dilakukan oleh tiap orang. 
Pohon yang ditanam, selain untuk mengendalikan longsor, dan banjir, juga dapat menyediakan sumber air bersih di musim kemarau, gerakan konservasi tanah, dan air selain melalui gerakan penanaman pohon bisa juga dengan  pembuatan embung, sumur resapan dan biopori.
Walikota mengingatkan  perbaikan lingkungan merupakan kerja besar, dan sangat bermanfaat bagi  masyarakat luas. Diharapkan sinergi semua pihak dalam mendukung program pemerintah melalui gerakan penanaman satu miliar pohon.
Keikutsertaan semua pihak dalam kegiatan penanaman pohon ini menunjukan bahwa pada dasarnya di dalam pelaksanaan pembangunan terdapat keterkaitan antar sektor, dan semua sektor harus saling mendukung demi tercapainya tujuan pembangunan, inilah yang kita sebut dengan kebersamaan.
"Masyarakat perlu berperan aktif dalam rehabilitasi lahan dalam rangka pelestarian lingkungan hidup,” tandasnya. (RR)**

Kegiatan Cimahi

Headline News