Pencarian :

Berita • Detail Berita

Walikota-Wakil Walikota Cimahi Sidak Pasar

2018-01-07 14:29:27

CIMAHI.- Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna didampingi Wakil Walikota Cimahi Ngatiyana bersama jajaran melakukan snspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional, di Kota Cimahi, Minggu (31/12/2017). Hal itu untuk memastikan harga kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) tidak melonjak tajam dan terjamin kesediaannya.
Lokasi sidak yaitu Pasar Antri Baru Jalan Sriwijaya dan Pasar Atas Baru Jalan Kolonel Masturi. Selain untuk memantau pergerakan harga kebutuhan pokok, sidak juga dilakukan untuk memastikan ketersediaan stok pangan, Walikota juga berbincang dan berdialog dengan warga pasar maupun masyarakat pengunjung.
Dari hasil pantauan harga, komoditas yang mengalami kenaikan yaitu cabe merah dan cabe rawit. Harga cabe merah saat ini Rp 40.000,- sedangkan harga cabe keriting Rp 30.000,-.
"Diprediksi karena faktor cuaca yang menyebabkan harga meningkat pada kisaran 0,04 % - 0,21%  meskipun tidak mengalami peningkatan secara signifikan. Ketersediaan cabe masih tetap memiliki pasokan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Cimahi," ujar Walikota Cimahi Ajay didampingi Wakil Walikota Cimahi Ngatiyana.
Komoditas lainnya yang mengalami kenaikan harga terjadi pada komoditas beras medium yang semula ada di HET (Harga Eceran Tertinggi) yaitu Rp 9.450,- menjadi Rp 11.000,- per kilogram. Harga kemudian menurun perlahan ke harga Rp 9.500,- pada tanggal 28 Desember 2017. "Kenaikan diprediksi karena petani yang biasa mensupply belum panen raya sehingga pasokan agak tersendat namun ketersediaan tetap mencukupi karena pedagang disupply oleh daerah lain yang mengalami panen," imbuhnya.
Daging ayam broiler per kilogram mengalami kenaikan signifikan dari harga Rp 32.000,- menjadi Rp 36.000,-, setara kenaikan 8,11%. Ketersediaan masih cukup banyak untuk masyarakat Kota Cimahi.
Harga bahan-bahan kebutuhan lain masih stabil seperti daging sapi pada kisaran harga Rp 110.000/kg,-. gula pasir, minyak goreng, bawang merah, dan  bawang putih.
Walikota mengatakan menjelang tahun baru harga kebutuhan pokok naik namun masih stabil. Meski begitu pihaknya akan terus melakukan pemantauan agar sesudah tahun baru  nanti tidak ada kenaikan.
“Ini kami lakukan tujuannya agar harga-harta tidak mengalami kenaikan,” tuturnya. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News