Pencarian :

Berita • Detail Berita

Layanan Mobil Keliling Disdukcapil Kota Cimahi Terus Beroperasi

2018-02-26 10:50:01

CIMAHI - Mendekatkan layanan kepada masyarakat, pelayanan administrasi kependudukan melalui mobil keliling yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi terus beroperasi. Masyarakat bisa melakukan pengurusan administrasi kependudukan dengan memanfaatkan mobil keliling sesuai jadwal yang ditentukan.

Demikian diungkapkan Sekretaris Disdukcapil Kota Cimahi Yosephina. Menurutnya pelayanan mobil keliling ini untuk meningkatkan cakupan pengurusan administrasi kependudukan, seperti kartu keluarga (KK), akta kelahiran dan akta kematian. Sementara untuk perekaman KTP-el dilakukan di kantor Kecamatan.

Lokasi penempatan mobil layanan sudah ditetapkan dalam jadwal, namun juga bisa dihadirkan pada event-event tertentu skala kota yang dihadiri banyak masyarakat.

Dalam tiap kali pelayanan, banyak warga yang memanfaatkan keberadaannya.

"Tergantung lokasi, rata-rata yang membuat akta kelahiran sekitar 30 berkas perhari, bisa juga lebih kalau musim pendaftaran sekolah," bebernya.

Banyak warga yang mengajukan layanan pembuatan akte kelahiran. Bukan hanya untuk bayi yang baru lahir dan anak-anak, tapi orang dewasa juga banyak. "Biasanya untuk naik haji atau umroh, karena perlu untuk persyaratan pembuatan paspor," tambahnya.

Sementara untuk pembuatan akta kematian, kata Yosephina, tidak terlalu banyak. Meski begitu kesadaran warga untuk membuat akta kematian mulai meningkat.

"Biasanya yang bikin akta kematian karena butuh untuk mengurus taspen bagi PNS, atau urusan dengan bank, dan lain-lain," tandasnya.*** (RF)

Kegiatan Cimahi

Headline News