Pencarian :

Berita • Detail Berita

Dinas Pendidikan Kota Cimahi Gelar Lomba Keteladanan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2018

2018-02-28 14:54:50

– Senin (26/02/2018), Dinas Pendidikan Kota Cimahi Gelar Lomba Keteladanan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tahun 2018.  Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada hari Senin, 26 Februari 2018 yang dirangkaikan dengan kegiatan persiapan pendampingan Akreditasi bagi Lembaga Satuan PAUD dan DIKMAS yang berada di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cimahi. Acara dimulai tepat Pk. 09.00 WIB. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam 3 stanza. Pada kesempatan itu pula   Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi (Dikdik S. Nugrahawan, S.Si., MM) menyerahkan Piagam Penghargaan dan hadiah berupa uang (via transfer rekening) kepada Para Juara Lomba Keteladanan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat wilayah kecamatan se-Kota Cimahi Tahun 2018. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Ged. A Lt. 4 Pemeritah Daerah Kota Cimahi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dalam mengapresiasi lembaga-lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Kota Cimahi dalam rangka membina dan mengembangkan program Layanan PAUD untuk meningkatkan kemajuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Cimahi.

Lomba ini diikuti oleh Lembaga Taman Kanak-Kanak (TK) dan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Non formal seperti Kelompok Bermain (Kober) dan Pos PAUD di Kota Cimahi. Masing-masing kelurahan mengirimkan satu perwakilan untuk mengikuti lomba tersebut.

Lomba Keteladanan Lembaga PAUD tahun 2018 dibagi kedalam 3 Kategori yaitu :
1. Kategori Taman Kanak-kanak
2. Kategori Kelompok Bermain (Kober)
3. Kategori Pos PAUD

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas( Moch. Zaenal Mutakin, S.Pd., MM dalam hal ini bertindak sebagai Ketua Penyelenggara melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 142 Lembaga PAUD dan Dikmas di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cimahi yang terdiri dari :

- 38 Lembaga Peserta Lomba Keteladanan
- 103 Lembaga Peserta Pendampingan Akreditasi
- 11 Lembaga Dikmas Peserta Kegiatan Akreditasi 

Sumber Dana Kegiatan ini berasal dari APBD Kota Cimahi Tahun Anggaran 2018.

“Ini sebagai bentuk penghargaan dari Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Pendidikan kepada Para Pengelola Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Cimahi. Mengingat merekalah yang membentuk karakter anak-anak sejak usia dini,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik S. Nugrahawan, S.Si., MM. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Para Pengawas, Penilik dan para Ketua Organisasi Mitra yang ada di Kota Cimahi (HIMPAUDI, IGTKI, dan IGRA)

Kepala Seksi Pembinaan PAUD Kota Cimahi (Sulistyarinani, S.IP.,M.Si ) Membacakan SK Kepala Dinas Nomor : 421.9/KEP.0799-Disdik/2018 tentang Penetapan Juara Lomba Keteladanan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tingkat Wilayah Kecamatan se-Kota CimahiTahun 2018, berikut daftar Nama Lembaganya

DAFTAR JUARA LOMBA KETELADANAN 

JUARA I
1. Kec. Cimahi Utara
TK : TK AL MARHAMAH KIDUCATION
KB : KOBER DARUL FALAH
Pos PAUD : Pos PAUD ANJELIR 18

2. Kec. Cimahi Tengah
TK : TK TUNAS BHAKTI PERTIWI
KB : KOBER PANDIGA MUTIARA
Pos PAUD : Pos PAUD NUSA INDAH 07

3. Kec. Cimahi Selatan
TK : TK BUDI LUHUR
KB : KOBER SEDAP MALAM
Pos PAUD : Pos PAUD DAHLIA 04

JUARA II
1. Kec. Cimahi Utara
TK : TK TRIDAYA
KB : KOBER CERAH
Pos PAUD : Pos PAUD MAWAR PUTIH

2. Kec. Cimahi Tengah
TK : TK KARTIKA X-14
KB : KOBER BINTANG KEJORA
Pos PAUD : Pos PAUD MAWAR MERAH 04

3. Kec. Cimahi Selatan
TK : TK SANTA THERESIA
KB : KOBER DARUL FIQRI
Pos PAUD : Pos PAUD SEHATI

JUARA III
1. Kec. Cimahi Utara
TK : TK DAYANG SUMBI
KB : KOBER CEMPAKA
Pos PAUD : Pos PAUD SUKAWARGI

2. Kec. Cimahi Tengah
TK : TK KARTIKA SIWI
KB : KOBER QURROTA AYUN
Pos PAUD : Pos PAUD MELATI 17

3. Kec. Cimahi Selatan
TK : TK AL MU’AWANAH
KB : KOBER AL MANAAR
Pos PAUD : Pos PAUD CEMPAKA

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi memberi arahan kepada para Lembaga PAUD dan Dikmas yang akan mengikuti pendampingan Akreditasi “ Bahwa Akreditasi adalah salah satu bentuk Penjaminan Mutu, Akreditasi merupakan Kegiatan Penilaian Kelayakan Program dalam Satuan Pendidikan berdasarkan criteria yang telah ditetapkan dan dilakukan atas dasar criteria yang bersifat terbuka.”

Pesan Beliau : “Akreditasi bukanlah sesuatu yang menyeramkan, dan menyulitkan bilamana kita betul-betul mau berusaha dengan tekad dan kerja keras yang sungguh-sungguh pasti akan terlaksana dengan baik sehingga seluruh Lembaga PAUD dan Dikmas di Kota Cimahi dapat terakreditasi dengan nilai yang memuaskan.”

Beliau juga menyampaikan informasi “ bahwa padatahun 2018 ini berdasarkan Surat Dari Ketua BAP PAUD dan PNF Provinsi Jawa Barat No. 09/K/TU/I/2018 Tanggal 22 Januari 2018 Tentang Sasaran Alokasi Kuota Akreditasi, Kota Cimahi mendapat kuota sebanyak 119 Lembaga PAUD, 6 LKP dan 10 PKBM sehingga total sasaran kuota Akreditasi Kota Cimahi Sebanyak 135 Lembaga Paud Dan Dikmas.”

PEMERINTAH KOTA CIMAHI melalui Dinas Pendidikan khususnya pada bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas Sangat Mendukung Kepada Satuan Pendidikan Paud Dan Dikmas yang akan meng-akreditasi-kan Lembaganya, Karena Dengan Akreditasi Dapat Meningkatkan Mutu Program Paud Dan Dikmas, Secara Berkelanjutan, Terencana, Dan Kompetitif.

Kegiatan Pendampingan Akreditasi ini diadakan agar Para  Satuan Pendidikan Paud Dan Dikmas lebih dapat mempersiapkan Lembaganya dalam memenuhi 8 Standar Pendidikan yang menjadi persyaratan dalam Akreditasi;
Dalam Proses Persiapan Akreditasiini, Lembaga PAUD dan Dikmas akan di damping Oleh Tim Asesor Dari Badan Akreditasi Provinsi (Bap Paud Dan Dikmas) Sebanyak 9 Orang.

“Sekalilagi “kata Beliau menegaskan “ bahwa Kami dari Pihak Dinas Pendidikan sangat mendorong semua Lembaga PAUD dan Dikmas yang berada di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Cimahi agar semua dapat terakreditasi dengan baik, dan dengan nilai yang memuaskan.

Pada hari yang sama Beliau juga meresmikan dimulainya kegiatan Pendampingan akreditasi Satuan Pendidikan PAUD dan Dikmas Di Kota Cimahi Tahun 2018 Dengan Resmi Dimulai, Semoga Alloh SWT. Memberi Kelancaran Dan Kemudahan Dalam Melaksanakannya. Semoga Target Akreditasi Lembaga PAUD dan Dikmas di Kota Cimahi Tercapai. Aamiin Ya Robbal Alamiin.” Demikian harapan dan do’a dari Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi Bpak Dikdik S. Nugrahawan, S.Si., M.Si., mengakhiri Arahannya.
Acara ditutup tepat pada Pk. 12.00 setelah pembagian kelompok pendampingan Akreditasi.

Kegiatan Cimahi

Headline News