Pencarian :

Berita • Detail Berita

Siswa SD Bakal Disasar Buat KIA

2018-03-12 16:38:34

CIMAHI.- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi akan menyasar siswa SD dalam pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) tahun 2018 ini. Hal ini untuk meningkatkan cakupan KIA yang sebelumnya difokuskan untuk anak usia dini.

"Tahun lalu kita fokuskan untuk anak-anak usia Paud. Tahun ini anak SD dengan memanfaatkan mobil keliling. Kita keliling ke sekolah-sekolah untuk pembuatan KIA," ungkap Kepala Seksi (Kasi) Pendataan Penduduk Disdukcapil Kota Cimahi Niagara Rahardja.

Niagara menjelaskan, pihaknya sengaja melayani pembuatan KIA dengan menggunakan mobil keliling karena untuk efektivitas, efisiensi pelayanan
kepada masyarakat.

"Siswa akan langsung memperoleh KIA saat itu juga, jika jaringannya dalam kondisi baik," katanya.

Dijelaskannya, KIA diperlukan untuk mempertegas anak yang memiliki hak konstitusional sebagai warga negara Indonesia. Selain itu, KIA juga
berfungsi bukan hanya sebagai tanda identitas, tapi bisa juga digunakan anak untuk mengurus administrasi, jika ingin membuat tabungan.

"Contohnya, dia mau nabung ke bank sudah bisa pakai nama sendiri dengan menggunakan KIA," terangnya.

Kementerian Dalam Negeri RI, melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, menugaskan Kota Cimahi untuk melakukan pelaksanaan awal KIA, karena tingkat cakupan akte kelahiran di Cimahi mencapai 67,5%.

KIA diperuntukan bagi anak usia 0-5 tahun dan usia 6-17 tahun kurang sehari. Untuk anak berusia 0-5 tahun,  bakal memperoleh KIA berwarna merah
muda yang tidak mencantumkan foto identitas, sedangkan anak berusia 6-17 tahun diharuskan tercantum foto anak bersangkutan.** (RR)

Kegiatan Cimahi

Headline News