Pencarian :

Berita • Detail Berita

BNN Kota Cimahi Ajak Perangkat Masyarakat Perangi Narkoba

2018-03-13 09:25:35

CIMAHI.- Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Cimahi berupaya melibatkan perangkat RT, RW, termasuk masyarakat umum dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Seperti yang berlangsung dalam kegiatan diseminasi informasi melalui media tatap muka yang digelar BNN Kota Cimahi di Kantor Kelurahan Cigugur Tengah Jalan Abdul Halim Kota Cimahi. Para Ketua RT-RW dan perwakilan masyarakat mendapat materi pembinaan P4GN dan sosialisasi mengenai jenis-jenis narkoba.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Cimahi, Wahyu Harja Prayoga mengatakan, peredaran gelap narkoba bisa masuk dari berbagai celah. Termasuk ditengah-tengah kehidupan masyarakat.

"Kita ingin ada sinergitas antar kelurahan, khususnya perangkat RT dan RW dengan BNN untuk berperan aktif soal P4GN. Karena temuan potensi penyalahgunaan narkoba pastinya berasal dari bawah lingkungan masyarakat terkecil," ujarnya.

Selain dibekali dengan cara mendeteksi indikasi peredaran narkoba di masyarakat, mereka akan mencari relawan yang akan bekerjasama melakukan tugas tersebut.

"Akan bersinergi dengan BNN dan pihak kepolisian juga. Peran dari RW tetap ada batasan, sekadar melakukan pencegahan agar tidak ada peredaran, sampai bagaimana menginformasikan temuan itu ke pihak berwenang," ucapnya.

Status Indonesia darurat narkoba harus diperangi bersama-sama termasuk masyarakat. "Kita sering mendengungkan bahaya narkoba. Posisi kita sekarang perang melawan narkoba, masyarakat harus dipersiapkan untuk mampu menangkal bahayanya," kata Wahyu.

Meski terbilang daerah kecil, lanjut Wahyu, namun kasus peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba di Kota Cimahi juga muncul.

"Belum ada temuan yang meresahkan. Kalau pengungkapan pasti ada," terangnya.*** (RR)

Kegiatan Cimahi

Headline News