Pencarian :

Berita • Detail Berita

Terapi Bagi Anak Disabilitas Bentuk Layanan Pemkot Cimahi

2018-05-16 04:25:51

CIMAHI.- Gelaran bertajuk "Kegiatan Terapi Anak dengan Disabilitas" atau Terapi/Teraphy Day dilaksanakan di pelataran Gedung B kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, Jumat (11/5/2018). Berbagai kegiatan seru diselenggarakan untuk para anak berkebutuhan khusus (ABK) sebagai bentuk pelayanan pemerintah.

Acara digagas Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi digelar dalam rangkaian HUT Kota Cimahi ke-17. Turut dilibatkan kelompok Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM).

Acara dibuka persembahan tari jaipongan oleh para ABK. Juga ada pagelaran busana, lomba mewarnai, lomba makan kerupuk, dan joged balon.

Para anak difabel tampak menikmati kegiatan tersebut. Ada yang menyumbangkan lagu sambil menari disaat teman-temannya berlomba, juga tersedia berbagai hadiah.

Di dalam ruangan tersedia tenaga terapis yang memberi terapi bagi ABK. Juga ada layanan konseling kesehatan bagi ABK dan orangtua.

Kepala DinsosP2KBP3A Kota Cimahi Erik Yudha Buana didampingi Kabid Sosial Agustus Fajar menyatakan kegiatan digelar dalam upaya pemerintah memberi fasilitasi kepada ABK. "Sebagai upaya penanganan permasalahan sosial, maka diselenggarakan layanan terapi bagi anak disabilitas," ujarnya.

Selain pelayanan terapi untuk anak-anak difabel, juga diberikan pembinaan kepada orangtua. "Orangtua ikut dibina dan dilatih cara terapi di rumah untuk mempercepat perkembangan anak-anak mereka," katanya.

Wali Kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan Pemkot Cimahi terus berupaya dalam penyediaan pelayanan setara bagi masyarakat difabel di Kota Cimahi. "Ke depan akan kami tingkatkan dan upayakan terus," ujarnya.

Jumlah penyandang difabel yang ada di Kota Cimahi berkisar 1.200 orang, untuk usia anak saja mencapai ratusan orang.

Pihaknya bakal mempertahankan program tersebut. "Ini menjawab kebutuhan masyarakat. Mereka harus diberi ruang untuk maju," katanya. (RR)***

Kegiatan Cimahi

Headline News