Pencarian :

Berita • Detail Berita

Dinas LH Kota Cimahi Awasi Pabrik Pencemar Lingkungan

2018-07-09 16:02:38

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi mengawasi sejumlah pabrik yang memgalami penutupan lubang saluran buangan limbah oleh Satgas Citarum Harum. 

Kepala Bidang Penaatan Hukum Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, M. Sutarno, menyebutkan, pihaknya meminta perusahaan yang mengalami penutupan saluran buang limbah agar segera  meyelesaikan permasalahan pengelolaan limbah. Jika tidak menaati peringatan tersebut, perusahaan bisa dikenai sanksi administrasi hingga dibekukan izin operasionalnya.

"Perusahaan tersebut agar segera memperbaiki permasalahan IPAL mereka agar tidak terus mencemari lingkungan, tetap kita awasi. Misalnya mereka tetap melakukan pencemaran limbah, sesuai SP yang kita terbitkan akan dikenai sanksi bertahap dari administrasi hingga dihentikan izinnya," ujar Sutarno.

Di Kota Cimahi sendiri ada 500 pabrik, dengan 130 pabrik diantaranya bergerak di bidang tekstil. Dari 130 pabrik tersebut, 35 pabrik diantaranya sudah diberikan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukannya.

Sutarno mengklaim hingga saat ini belum ada pabrik yang terjerat pidana. Sebab, tidak ada laporan korban jiwa akibat pencemaran lingkungan yang disebabkan pabrik.

"Sejauh ini baru pencemaran lingkungan saja, jadi belum ada pabrik yang menyebabkan korban jiwa. Untuk saat ini kami memberikan masukan pada perusahaan dan mendata perusahaan mana saja yang melanggar," pungkasnya. (RF)***

Kegiatan Cimahi

Headline News