Pencarian :

Berita • Detail Berita

Disdik Kota Cimahi Tingkatkan Upaya Layanan Dan Aksesibilitas Pendidikan

2018-08-26 19:06:48

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi terus berupaya meningkatkan layanan dan aksesibilitas pendidikan kepada masyarakat. Dengan demikian, angka putus sekolah bagi anak usia sekolah bisa terus diminimalisir.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan menjelaskan, setiap tahun pihaknya melakukan identifikasi terhadap anak-anak yang kedapatan tidak sekolah. Identifikasi melibatkan pihak RT/RW terkait se-Kota Cimahi.

"Angka putus sekolah ini kita lakukan identifikasi sesuai jenjang umur. Kami sudah melakukan pendataan kerja sama dengan RT," ujarnya, Rabu 22 Agustus 2018.

Beberapa alasan anak-anak tersebut tidak sekolah atau putus sekolah. Di antaranya karena faktor ekonomi, masalah keluarga, dan masalah lainnya.

Dikatakan Dikdik, dalam pendataan itu, pihaknya melakukan pendekatan agar anak tersebut mau melanjutkan pendidikan. Mulai dari penyediaan akses sekolah formal hingga mendorong anak putus sekolah untuk mengikuti sekolah paket di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

"Kita akan tempatkan di program paket, dengan demikian putus sekolah ini bisa mendapatkan pelayanan penidikan lanjutan, tidak sampai putus sekolah," ujar Dikdik.

Kepala Bidang Pembinaan Paud dan Dikmas pada Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Ervin Narto menambahkan, pihaknya akan tetap melakukan upaya pendekatan agar anak yang terjaring ini mau kembali sekolah. Baik di sekolah reguler maupun melalui paket sekolah A, B atau C. "Pendidikan diupayakan harus dilanjutkan demi terwujudnya pendidikan dasar 12 tahun dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Kota Cimahi," tuturnya. (RF)***

Kegiatan Cimahi

Headline News