Pencarian :

Berita • Detail Berita

Era BIAS, Dinkes Kota Cimahi Targetkan 9.500 Anak Sekolah Tervaksin Campak

2018-08-29 08:27:48

CIMAHI - Istilah 'mencegah lebih baik daripada mengobati' terus dihidupkan Dinas Kesehatan Kota Cimahi dalam pemberian vaksin.

Bulan Agustus ini, atau lebih dikenal Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), pemerintah, termasuk Dinas Kesehatan Kota Cimahi tengah giat-giatnya mengkampanyekan soal pentingnya vaksin campak lewat lembaga sekolah.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Fitriani Manan mengatakan, program BIAS ini rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Agustus. Sasarannya, tentu saja anak di Sekolah Dasar (SD).

"Ini adalah imunisasi tambahan bagi anak SD. BIAS campak bulan Agustus hanya kelas I saja," terang Fitriani saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa (28/8/2018).

Pihaknya menargetkan dalam BIAS ini sedikitnya 9.500 anak kelas I SD bisa diberikan vaksin campak. Saat ini, petugas yang berjumlah 3-4 orang dari Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) se-Kota Cimahi terus bergerak mendatangi sekitar 150 SD se-Kota Cimahi.

"Temen-temen masih pelaksanaan. Petugasnya, 1 (satu) dokter 1 (satu) perawat 1 (satu) bidan. Minimal 3-4 orang keliling satu hari di satu sekolah," ungkapnya.

Sebab jumlah SD di Kota Cimahi terhitung banyak, lanjut Fitriani, pelaksanaan imunisasi campak dalam program BIAS ini akan berlangsung hingga September mendatang. Hingga akhir September nanti, pihaknya menargetkan 95% anak, dari total sasaran 9.500 anak bisa diberikan vaksin.

"Untuk BIAS campak itu sampai September karena ada SD di Kelurahan Cigugur Tengah banyak. Jadi tidak mungkin dilakaukan hanya di bulan Agustus, jadi nyebrang ke September," jelasnya.

Ditegaskannya, imunisasi vaksin campak ini sangat penting untuk menambah kekebalan tubuh anak dari serangan virus-virus berbahaya. (FB)

Kegiatan Cimahi

Headline News