Pencarian :

Berita • Detail Berita

Dishub Kota Cimahi Perbaiki Traffic Light

2018-10-08 12:51:27

CIMAHI.- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi melakukan perbaikan sejumlah titik traffic light yang ada di Kota Cimahi. Pengaktifan traffic light masih dalam kajian karena melihat pendeknya ruas jalan antarpersimpangan di Kota Cimahi.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang, mengatakan, saat ini pihaknya melakukan perbaikan pada sejumlah traffic light lantaran lama tidak difungsikan. Sebagian perangkat sudah mengalami kerusakan.

"Lampu, perangkat kelistrikan, bahan penutupnya banyak yang sudah rusak. Sudah diperbaiki," ujarnya.

Di Kota Cimahi, ada sejumlah traffic light yang tersebar di beberapa titik, diantaranya di persimpangan Citeureup, persimpangan Jalan Mahar Martanegara, persimpangan Jalan Baros-Jalan HMS Mintaredja, persimpangan Jalan Sangkuriang, persimpangan Jalan Kolonel Masturi, dan Melong.

Dikatakan Endang, perangkat lampu lalulintas yang ada di lapangan masih menggunakan teknologi lama. Sehingga ada wacana untuk mengganti teknologi traffic light tersebut dengan yang terbaru.

"Untuk traffic lightnya bisa saja diganti dengan teknologi yang baru, dengan sistem pengatur waktu dan pengoperasian yang lebih mutakhir," ungkapnya.

Berdasarkan aturan, pengaturan lalu lintas termasuk pengelolaan trafficlight menjadi kewenangan kepolisian. Maka dari itu, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Cimahi.

Namun, untuk mengaktifkan kembali traffic light yang ada, harus dibuat ruang henti khusus (RHK) kendaraan roda dua baik di traffic light yang ada di jalan nasional maupun jalan kota.

"Jalan nasional kewenangannya Kemenhub, sedangkan jalan kota pembuatannya kewenangan ada pada kami. Untuk RHK akan kita coba ajukan di anggaran perubahan, tapi menunggu hasil koordinasi dengan pihak kepolisian," jelasnya. (RF)***

Kegiatan Cimahi

Headline News