Pencarian :

Berita • Detail Berita

Pameran Seni Rupa Forkis Cimahi “PEDULI NTB”

2018-10-09 12:47:30

Musibah bisa menimpa siapa saja, seperti yang sedang melanda saudara kita di Nusa Tenggara Barat (NTB). Saat musibah itu datang, mereka pun mengalami penderitaan. 

Salah satu cara untuk peduli terhadap penderitaan saudara kita di NTB adalah membantu mereka. Sebagai wadah bagi para seniman, Forum Pelukis Cimahi (Forkis) terpanggil untuk ikut andil memberikan sumbangan kepada korban bencana di NTB melalui ajang Pameran Seni Rupa Bersama bertajuk “PEDULI NTB "

Pameran dan lelang hasil karya perupa Cimahi yang dibuka oleh Wakil Walikota Cimahi, Ngatiyana, akan berlangsung selama sepekan, mulai 7 oktober dan berakhir pada 14 oktober 2018 bertempat di Gedung Pusat Pengembangan Kebudayaan (PPK), Jl. Naripan No. 9, Bandung 

Pameran Seni Rupa Peduli NTB Forkis Cimahi ini dapat terselenggara dengan baik berkat kerjasama dengan Komunitas Indonesia Tempo Doeloe (ITD) Korwil Jawa Barat, serta dukungan.
Semoga acara ini mendapat sambutan dari para pecinta seni. Dengan Membeli karya seni para perupa berarti mengapresiasi kerja kreatif mereka, sekaligus ikut menyumbang terhadap saudara kita yang sedang menderita di NTB.

Wakil Walikota Cimahi sedang mengamati sejumlah karya seniman perupa dari Cimahi
pada Pameran Seni Rupa Peduli NTB di Gd. PPK, Jl. Naripan No. 9, Bandung (8/10).


Sekilas Info Forum Pelukis Cimahi (FORKIS) 

Forum Pelukis Cimahi (Forkis) merupakan salah satu komunitas seniman yang ada di Kota Cimahi. Komunitas ini dibentuk pada Minggu, 28 Maret 2010. Kelahiran Forkis dipelopori oleh beberapa orang seniman dan pecinta seni yang ada di Kota Cimahi. 

Para pendiri Forum PelukisCimahi adalah orang-orang yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap kemajuan seni dan budaya di Kota Cimahi. Mereka berasal dari berbagai kalangan seperti akademisi, praktis, dan pecinta seni. 

Tiga belas orang orang Forkis tersebut adalah: Hamdani, M.Sobirin, Ena Sujana, M. Noor, Bambang Sumantri, Wani Jaya Langit, Rojul Munir, Bahar Malaka, Agus Hamdani, Yayan Rusmana, Toto Tea, Mokhammad Taufik Hidayat dan Jumari Haryadi. 

Tujuan mendirikan komunitas ini selain sebagai wadah berkumpulnya para seniman, juga dilandasi keinginan untuk memajukan para seniman, khususnya yang mempunyi hobi melukis atau yang berprofesi sebagai pelukis. Jika dikelola dengan baik, bukan mustahil keberadaan Forkis bisa menjadi salah satu aset wisata bagi pemerintah kota Cimahi. 

Pada awal berdirinya sampai sekarang, Forkis memiliki sekretariat di Jalan Cihanjuang Gang Bajat No.2 RT.01 RW.18, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Tempat ini juga merupakan sanggar lukis “Teupas” milik salah satu pendiri Forkis yaitu Bahar Malaka. Para seniman yang sering berkumpul di tempat ini dalam rangka berdiskusi untuk melahirkan ide-ide kreatif mereka, dapat membuat karya yang dapat dilakukan oleh masyarakat luas. 

Beberapa hasil dari para anggota Forkis saat ini sudah banyak yang dikoleksi para kolektor. Selain itu karya-karya yang juga disebut menghiasi berbagai kantor pemerintah maupun perusahaan swasta. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi kami dan terus ditingkatkan, baik dari sisi kualitas, kuantitas, manajemen, maupun pemasarannya.

Anggota Forkis juga aktif dalam berbagai  seni, seperti pameran lukisar, lomba menggambar dan mewarnai, seminar, dan acara seni lainnya, baik yang ada di Kota Cimahi maupun di luar kota. Mereka ada yang tampil secara pribadi, ada juga yang tampil atas nama komunitas. Beberapa kegiatan yang digunakan untuk kegiatan ini adalah Pameran Lukisan dan Fotografi bertajuk Cimahi, Seni dan Warisan Cuitural dengan mengusung tema Hemat Warisan Budaya Kita yang dilaksanakan selama dua hari pada 29- 30 Juli 2016. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Historich, Jalan Jenderal Gatot Subroto No.19 Kota Cimahi. Selain itu, acara ini juga diiisi dengan berbagai acara lomba dan hiburan, seperti pentas seni tari, musik dan lagu, pemajangan karya seni instalasi, seni pertunjukan, pemutaran film, dan mewarnai, body painting, melukis wajah, dan membuat sketsa wajah di tempat. (IKP)

Kegiatan Cimahi

Headline News