Pencarian :

Berita • Detail Berita

Cimahi Agri Market Digelar Lagi

2018-10-14 19:40:13

CIMAHI.- Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi kembali menyelenggarakan Gelar Pangan Sehat "Cimahi Agri Market" di Selasar Gedung B kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. Kegiatan tersebut dalam rangka meminimalisir terjadinya gejolak stabilitas harga pangan yang disebabkan tingginya disparitas harga antara produsen dan konsumen.

Cimahi Agri Market menampilkan berbagai jenis kebutuhan pokok masyarakat seperti beras, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, telur ayam dan kentang, 61 jenis tanaman holtikultura, daging ayam, ikan Nika dan Lele serta makanan olahan.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi Huzen Rachmadi menjelaskan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Tani ke-58 dan Hari Pangan Sedunia ke-38 tahun 2018.

"Melalui kegiatan itu diharapkan petani bisa menjual bagus sedang pembeli bisa membeli murah karena rantai pemasaran sudah dipotong sehingga barang langsung terpasarkan," ujarnya.

Sedang produk yang diperjualbelikan, diutamakan dari petani Cimahi tetapi bagi tanaman yang tidak ada di Cimahi bekerjasama dengan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) Jawa Barat.

Selain pangan segar, juga dilakukan sosialisasi diversifikasi sumber pangan alternatif yang diisi dengan demo masak olahan pangan alternatif berbahan baku lokal non beras, dan display aneka olahan pangan alternatif non beras dan non terigu dengan bahan baku singkong.

Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana menilai masyarakat Kota Cimahi pintar dan kreatif karena bisa memproduksi berbagai jenis panganan olahan termasuk berbahan singkong. Juga bisa melakukan pengemasan hingga pemasarannya.

"Masyarakat dapat meningkatkan ketahanan pangannya dengan menggunakan bahan pangan alternatif selain beras," ujarnya.

Wakil Wali Kota berharap nantinya Kota Cimahi memiliki suatu kawasan khusus yang menjajakan berbagai jenis makanan kuliner khas Cimahi dan akan mendukung kawasan wisata heritage.

"Nantinya akan ada sentra kuliner khas Cimahi yang bisa didatangi wisatawan yang datang ke Cimahi. Kita sediakan penganan beragam yang menonjolkan nilai budaya dan kreatifitas masyarakat Cimahi," tuturnya. (RF)***

Kegiatan Cimahi

Headline News