Pencarian :

Berita • Detail Berita

Peringatan Hari Guru 2018, Dari Guru Untuk Guru

2018-12-03 22:28:31

CIMAHI.-
Peringatan Hari Guru ke-73 dan Hut PGRI tingkat Kota Cimahi tahun 2018 dilaksanakan dalam serangkaian kegiatan. Beragam kegiatan seluruhnya melibatkan guru untuk dipersembahkan kepada guru.

Kegiatan diawali pada Minggu 25 November 2018 digelar kegiatan gerak jalan santai yang diikuti ribuan guru se-Kota Cimahi. Pada Senin 26 November 2018 malam di Lapangan Rajawali Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi, para guru menampilkan hiburan dalam berbagai kreasi seni. Kegiatan ditutup dengan Upacara Hari Guru di tingkat Kota Cimahi pada Kamis 29 November 2018.

Asisten Daerah Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan yang juga menjabat Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, mengatakan dengan peringatan Hari Guru, ingin mengajak kembali masyarakat memberi apresiasi dan penghormatan kepada para guru. "Guru adalah pahlawan pencetak generasi gemilang yang bakal jadi penerus kita di masa mendatang," ujarnya.

Jumlah guru dan tenaga pengajar se-Kota Cimahi mencapai sekitar 5.000 orang, mayoritas di tingkat sekolah dasar (SD). Dinas Pendidikan Kota Cimahi terus berupaya melakukan pembinaan terhadap guru dari berbagai aspek.  Mulai dari pembinaan profesi, peningkatan profesionalisme, serta pembinaan dari aspek yang lain yang berkaitan dengan peningkatan kualitas. 

"Kesejahteraan guru juga terus ditingkatkan dengan adanya tunjangan profesi, juga ada insentif daerah. Untuk guru nonPNS, ada juga tunjangan profesi dari Pemkot Cimahi," ungkapnya.

Guru di zaman modern saat ini dituntut beradaptasi dengan perkembangan zaman. "Juga membutuhkan dukungan masyarakat dalam mendidik siswa sebagai bagian dari mencerdaskan kehidupan bangsa, karena mendidik siswa prosesnya tidak bisa singkat," imbuhnya.

Menurut Dikdik, guru masa kini harus mampu mengimbangi perubahan karakter pelajar. "Guru berperan membentuk karakter anak," katanya. (RF)

Kegiatan Cimahi

Headline News