Pencarian :

Berita • Detail Berita

98% Warga Cimahi Sudah Punya Administrasi Kependudukan

2018-12-03 22:33:47

CIMAHI - Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana menyebutkan, cakupan warga yang sudah memiliki administrasi kependudukan di Kota Cimahi sudah mencapai 98,5 persen.

Hal itu diketahuinya usai meninjau langsung pelayanan administrasi kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Kamis (29/11/2018).

"Pelayanan kita sudah 98,5 persen. Termasuk kepemulikan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk)," katanya Ngatiyana.

Sementara untuk tingkat pusat, kata Ngatiyana, cakupan pelayanan administrasi kependudukan telah mencapai 97,3 persen. Khsusu di Kota Cimahi, pihaknya menargetkan 99 persen warga Kota Cimahi sudah memiliki administrasi kependudukan, termasuk KTP-el.

"Harapan kita sampai akhir tahun sudah 100 persen, tapi kita targetkan 99 persen," ujarnya.

Untuk merealisasikan target itu, kata dia, Disdukcapil Kota Cimahi terus memaksimalkan pelayanan. Termasuk jemput bola ke sekolah tingkat atas di Kota Cimahi untuk mendata anak yang akan memasuki usia 17 tahun atau syarat pembuatan KTP-el.

Selain itu, lanjutnya, percepatan pelayanan pembuatan administrasi kependudukan pun terus dilakukan. Salah satunya dengan pengajuan pembuatan administrasi secara online seperti yang dilakukan di Kecamatan Cimahi Utara dan Kecamatan Cimahi Tengah.

"Sangat cepat karena blanko KTP ada. Online-nya sudah bagus. Cimahi Utara sudah menggunakan online," tuturnya.

Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hidasyah menambahkan, pihaknya juga sudah melaksanakan pelayanan pembuatan administrasi kependudukan di akhir pekan.

"Kita buka pelayanan Sabtu-Minggu sejak Oktober minggu ke-4, sampai April," terangnya.

Dikatakannya, pelayanan pembuatan KTP diakhir pekan akan dibuka pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Untuk memberikan pelayanan maksimal, pihaknya menyiagakan sekitar delapan petugas.

"Jadi petugasnya gantian. Ada yang Sabtu, ada yang Minggu," ucapnya.

Dalam sehari, kata Ade, kapasitas pencetakan KTP-el di Kota Cimahi mencapai 300-500 keping. Sedangkan untuk perekaman, rata-rata 90-125 pemohon.

"Terus, kita itu sekarang perekaman sama pencetakan cuma 10 menit," terang Ade.

Sementara untuk ketersediaan blanko, sejauh ini terbilang aman meskipun terus mengalami pengurangan. Tapi, pihaknya terus mengajukan permohonan blanko agar pelayanan pencetakan KTP-el berjalan lancar. (FB)

Kegiatan Cimahi

Headline News