Pencarian :

Berita • Detail Berita

Revisi RTRW Untuk Akomodir Kegiatan Pembangunan Kota Cimahi

2018-12-11 08:42:31

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi saat ini sedang melakukan kajian dan konsultasi publik untuk melakukan revisi dan penyesuaian Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Hal itu untuk mengakomodir sejumlah program pembangunan di Kota Cimahi yang harus segera diselesaikan.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Cimahi Tata Wikanta, mengatakan, permasalahan yang berkenaan dengan tata ruang di Kota Cimahi cukup banyak. "Kita rinci dalam revisi Perda RTRW ini. Disesuaikan dengan program pemerintah untuk penyelesaiannya," ujarnya.

Pemkot Cimahi juga mesti mensinergikan revisi Perda RTRW tersebut dengan program pemerintah pusat. Sebagai contohnya yakni pembangunan trase KCIC di sejumlah titik di Cimahi.

"Begitu ada proyek nasional yang masuk wilayah, harus dipayungi juga dengan Perda RTRW," jelasnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi, Huzein Rachmadi, mengatakan revisi Perda nomor 3 tahun 2012 tentang Tata Ruang tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

"Revisi dilakukan setelah kami melakukan Peninjauan Kembali (PK) dan berdasarkan Kajian Lingkungan Hidup Strategis," bebernya.

Revisi Perda RTRW nantinya akan menyelamatkan pola ruang, struktur ruang, dan kawasan strategis di Kota Cimahi untuk 20 tahun kedepan. 

Setelah proses konsultasi publik ini, tahap selanjutnya adalah membahas revisi Perda RTRW bersama DPRD Kota Cimahi.

Juga melibatkan konsultan publik yang memberikan masukan terkait konsep pengentasan permasalahan krusial di Cimahi. (RF)***


Kegiatan Cimahi

Headline News

Artikel Populermore