Pencarian :

Berita • Detail Berita

Kasus HIV-AIDS Tinggi, Masyarakat Dihimbau Periksa Status Kesehatan

2018-12-11 09:10:00

CIMAHI.- Kasus HIV-AIDS di Kota Cimahi masih tinggi. Masyarakat dihimbau memeriksakan status kesehatan termasuk potensi paparan HIV-AIDS.

Demikian diungkapkan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi dr Fitriani Manan. "Kita himbau masyarakat mau melakukan skrining HIV-AIDS. Karena banyak yang malu dan tabu cek HIV, padahal itu penting untuk tahu kondisi kita," ujarnya.

Sekitar 10 tahun yang lalu, kasus HIV/Aids tertinggi disebabkan oleh penggunaan jarum suntik yang bergantian. "Untuk sekarang bergeser menjadi hubungan seks sebagai penyebab tertinggi," ungkapnya.

Tiap 1 Desember diperingati sebagai Hari Aids Sedunia, tema tahun 2018 yaitu "Kenali Statusmu". 

Menurut Fitri, pemeriksaan skrining HIV telah dapat dilaksanakan di seluruh puskesmas dan RS yg ada di kota Cimahi. "Untuk saat ini, layanan skrining telah dimanfaatkan oleh ribuan warga Cimahi," katanya.

Sasaran skrining HIV terutama populasi kunci yaitu pengguna napza suntik, lelaki suka lelaki (LSL), Waria, dan wanita pekerja seks (WPS); wanita hamil untuk mencegah penularan dari ibu hamil ke bayi, dan penderita TB.

"Kami juga mendorong untuk memperluas skrining HIV pada ibu hamil," ungkapnya.

Menurutnya, keberhasilan menekan kasus HIV/AIDS bukan saja tanggung jawab pemerintah melainkan juga perlu peran setiap warga. "Sebab itu mendorong masyarakat aktif memeriksa kondisi status HIV/AIDS ke pelayanan kesehatan," tuturnya. (RF)***

Kegiatan Cimahi

Headline News

Artikel Populermore