Pencarian :

Berita • Detail Berita

E-KTP Rusak Dimusnahkan

2018-12-22 12:57:19

CIMAHI.- Pemerintah Kota Cimahi memusnahkan kartu tanda penduduk elektronik (EKTP) yang rusak dan invalid, Senin 17 Desember 2018. Pemusnahan dilakukan dengan cara dipotong dan dibakar.

Pemusnahan dilakukan di pelataran Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Raden Demang Hardjakusumah Kota Cimahi. 

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi Yosephina Dewanti mengatakan, pemusnahan mengikuti instruksi Menteri Dalam Negeri yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el Rusak atau Invalid.

"Sesuai edaran Mendagri bahwa seluruh blangko EKTP yang bekas atau invalid harus dimusnahkan dengan cara dibakar," ujarnya. 

Blangko EKTP tersebut didapatnya dari 15 kelurahan maupun yang ada di Disdukcapil Kota Cimahi. "Yang masuk kategori rusak dan invalid yaitu blangko yang saat pencetakannya tidak memenuhi standar, ada juga EKTP yang pemiliknya sudah meninggal dunia, pindah alamat, sehingga tidak lagi valid datanya," ucap Yosephina.

Sebelumnya, EKTP yang rusak dimusnahkan dengan dilakukan pengguntingan.

"Blangko EKTP yang rusak atau invalid sebelumnya juga kita lakukan pemusnahan, sebelumnya hanya digunting. Kalau ada temuan EKTP rusak atau invalid lagi, nanti kita kumpulkan dan bakal dimusnahkan juga," imbuhnya.

Selain itu, jajaran terkait juga membuat berita acara terhadap pemusnahan yang dilakukan. Berita acara tersebut turut disampaikan kepada Mendagri melalui Dirjen Dukcapil. (RF)***

Kegiatan Cimahi

Headline News

Artikel Populermore