Kota Cimahi • Kelurahan Baros

Kelurahan Baros


Nama SKPD : Kelurahan Baros
Alamat : Jl. Haji Haris No. 8/b
No. Telp / No. Fax : 022-6644604/022-7077 / 022-6644608
Alamat Email : kelurahan.baros@yahoo.com
Alamat Website : -


Dasar Hukum

PERDA Kota Cimahi No. 5 Tahun 2012 tentang perubahan atas Perda Kota Cimahi No. 11 Tahun 2008 tentang Kecamatan dan kelurahan di Kota Cimahi (Lembar Daerah Kota Cimahi tahun 2008 No. 92 seri D)

Tupoksi

Lurah

Tugas Pokok

Menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan ketertiban umum serta melaksanakan urusan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota.

 

Fungsi

  1. Pelaksanaan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  2. Pelaksanaan kegiatan ekonomi dan pembangunan;
  3. Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  4. Penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;
  5. Pelaksanaan kegiatan ke-Tata Usahaan.

Uraian Tugas

  1. Memimpin dan memanajeri organisasi kelurahan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan sesuai dengan Visi dan Misi Kota Cimahi;
  2. Merumuskan rencana kerja untuk melaksanakan urusan yang dilimpahkan oleh Walikota dibidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
  3. Merumuskan Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kinerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai bidang tugasnya;
  4. Merumuskan LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai bidang tugasnya;
  5. Mengendalikan administrasi keuangan dan aset di lingkup tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Mengoordnasikan penanganan bencana di wilayah kelurahan;
  7. Menyusun rencana pembangunan Tahunan Kelurahan dan Rencana Pembangunan Lima Tahun Kelurahan serta pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (MUSRENBANG) tingkat kelurahan;
  8. Menyelenggarakan administrasi pertanahan sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya;
  9. Menyelenggarakan administrasi tata pemerintahan, menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan lembaga kemasyarakatan, pembinaan ketenteraman dan ketertiban umum;
  10. Menyelenggarakan pembinaan dan pengawasan serta pelaporan langkah-langkah penanggulangan terhadap terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup serta pola pencegahan kerusakan lingkungan hidup;
  11. Merumuskan dan melaksanakan kerjasama kelurahan dengan kelurahan lain dalam satu wilayah kecamatan;
  12. Menyelenggarakan fasilitasi kegiatan dalam rangka pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Umum;
  13. Melaksanakan pembangunan partisipasi masyarakat, pelayanan umum kepada masyarakat dan pemberdayaan masyarakat kelurahan;
  14. Melaksanakan pembinaan terhadap keberadaan masyarakat hukum adat, nilai adat istiadat, lembaga adat beserta hak-hak tradisionalnya dalam pelaksanaan pemerintahan kelurahan;
  15. Melaksanakan koordinasi instansional dan kemasyarakatan;
  16. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  17. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  18. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  19. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  20. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  21. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Sekretaris

Tugas Pokok

Membantu Lurah melaksanakan tugas-tugas ke-Tata Usahaan yang meliputi administrasi, kepegawaian, keuangan, umum, perlengkapan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan

 

Fungsi

  1. Pengkoordinasian  pelaksanaan tugas dan fungsi Lurah;
  2. Penyelenggaraan koordinasi dan pengendalian atas pelaksanaan kebijakan yang ditetapkan oleh Lurah;
  3. Pelaksanaan pengurusan surat menyurat dan kearsipan;
  4. Pelaksanaan pengurusan administrasi kepegawaian;
  5. Pengelolaan administrasi keuangan;
  6. Pelaksanaan urusan perlengkapan dan kerumahtanggaan kelurahan;
  7. Penyelenggaraan rapat-rapat dinas, upacara, penerimaan tamu dan acara-acara kedinasan lainnya diluar kegiatan yang telah tercakup dalam kegiatan seksi lain;
  8. Pelaksanaan koordinasi perencanaan, evaluasi dan pelaporan tugas-tugas seksi dan kelompok jabatan fungsional;
  9. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Lurah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Uraian Tugas

  1. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi Lurah, serta pelaksanaan tugas dan fungsi Tata Usaha kelurahan;
  2. Menyusun Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kinerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai bidang tugasnya;
  3. Menyusun LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai bidang tugasnya;
  4. Menyelenggarakan administrasi keuangan dan asset di lingkup tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Menghimpun Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dari masing-masing seksi pada  Kelurahan;
  6. Melaksanakan ketatausahaan, surat menyurat dan kearsipan;
  7. Melaksanakan pengurusan administrasi kepegawaian;
  8. Melaksanakan urusan analisa kebutuhan, pengadaan dan pemeliharaan perlengkapan sarana dan prasarana kantor kelurahan;
  9. Menyelenggarakan kerumahtanggaan kelurahan;
  10. Menghimpun bahan-bahan persiapan dan pelaksanaan rapat-rapat dinas, upacara, penerimaan tamu dan acara kedinasan lainnya;
  11. Melaksanakan koordinasi perencanaan, evaluasi dan pelaporan tugas-tugas seksi dan kelompok jabatan fungsional;
  12. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  13. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  14. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  15. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  16. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Seksi Pemerintahan

Tugas Pokok

membantu Lurah melaksanakan pembinaan pemerintahan kelurahan, dan pembinaan rukun warga

 

Fungsi

  1. Penyusunan  program dan kegiatan  pemerintahan kelurahan;
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan  pemerintahan kelurahan;
  3. Pemberian pelayanan kepada masyarakat di bidang pemerintahan;
  4. Pengumpulan dan pengolahan data administrasi pemerintahan;
  5. Memfasilitasi pelaksanaan pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala lingkungan, ketua rw dan ketua rt;
  6. Pelaksanaan administrasi pertanahan;
  7. Pelaksanaan fasilitasi kegiatan dalam rangka pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum;
  8. Pelaksanaan evaluasi dan pengendalian penyelenggaraan pemerintahan kelurahan;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian Tugas

  1. Menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  2. Menyusun Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kinerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai bidang tugasnya;
  3. Menyusun LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai bidang tugasnya;
  4. Memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang terkait dalam bidang pemerintahan;
  5. Menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  6. Mengumpulkan, mengolah bahan-bahan atau data administrasi pemerintahan, serta menyajikan sebagai bahan pelaksanaan tugas pemerintahan;
  7. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi lurah
  8. Memfasilitasi pelaksanaan pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala lingkungan, Ketua RW dan Ketua RT, serta membantu penyelesaian proses administrasinya;
  9. Melaksanakan administrasi pertanahan;
  10. Melaksanakan fasilitasi kegiatan dalam rangka pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum;
  11. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  12. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  13. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  14. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  15. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan. 

 

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan

Tugas Pokok

membantu Lurah dalam melaksanakan pengendalian, pembinaan ekonomi pembangunan, koperasi dan UMKM serta pembangunan partisipasi masyarakat.

 

Fungsi

  1. Pemberian pelayanan kepada masyarakat di bidang ekonomi dan pembangunan;
  2. Pelaksanaan fasilitasi kegiatan ekonomi pembangunan serta swadaya masyarakat;
  3. Perencanaan pembangunan fisik baik program kelurahan maupun atas prakarsa masyarakat;
  4. Pelaksanaan pembinaan terhadap koperasi, umkm dan lembaga keuangan mikro formal maupun lembaga keuangan pembiayaan informal;
  5. Memfasilitasi pelaksanaan pembinaan pengelolaan lingkungan hidup.

Uraian Tugas

  1. Merencanakan kegiatan seksi ekonomi dan pembangunan;
  2. Menyusun Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kinerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai bidang tugasnya;
  3. Menyusun LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai bidang tugasnya;
  4. Menyusun rencana pembangunan tahunan kelurahan dan rencana pembangunan lima tahun kelurahan serta pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kelurahan;
  5. Memfasilitasi kegiatan ekonomi dan pembangunan dalam upaya pembangunan masyarakat;
  6. Menyiapkan bahan perencanaan, pengoordinasian, pengawasan dan pembinaan serta evaluasi pelaksanaan pembangunan di wilayah kerjanya;
  7. Memfasilitasi pembangunan dibidang prasarana lingkungan dan pengembangan perekonomian lingkungan;
  8. Melaksanakan kegiatan, pembinaan dan pengawasan serta pelaporan langkah-langkah penanggulangan terhadap terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup serta pola pencegahan kerusakan lingkungan hidup;
  9. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan dan pemantapan terhadap perkembangan perindustrian dan perdagangan, perkoperasian, UMKM dan ekonomi lemah;
  10. Melaksanakan pemantauan kegiatan pembangunan di kelurahan;
  11. Memfasilitasi kegiatan ekonomi dan pembangunan serta swadaya masyarakat;
  12. Melaksanakan penyuluhan dan monitoring koperasi dan para pengrajin;
  13. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  14. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  15. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  16. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  17. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Kesejahteraan Rakyat

Tugas Pokok

Membantu Lurah dalam menyiapkan bahan penyusunan program dan melaksanakan pembinaan sosial dan kesejahteraan masyarakat.

 

Fungsi

  1. Penyusunan program pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  2. Pemberian pelayanan kepada masyarakat di bidang ekonomi dan pembangunan;
  3. Penyusunan rencana program dan kegiatan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  4. Pengoordinasian upaya pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  5. Pelaksanaan fasilitasi kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  6. Pelaksanaan pemberian pelayanan terhadap kegiatan-kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat;

Uraian Tugas

  1. Merencanakan, menyusun bahan-bahan program dan melaksanakan kegiatan serta pembinaan dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat;
  2. Menyusun Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kinerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai bidang tugasnya;
  3. Menyusun LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai bidang tugasnya;
  4. Memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang terkait dalam bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat;
  5. Memfasilitasi dan memberikan pelayanan terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan;
  6. Melaksanakan pembinaan organisasi kepemudaan, olah raga, kesenian dan organisasi masyarakat;
  7. Melaksanakan bimbingan dan penyuluhan masyarakat dalam partisipasi pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  8. Melaksanakan pelayanan teknis kebutuhan masyarakat dibidang kesehatan dan pendidikan;
  9. Mendistribusikan dan mengendalikan Beras Miskin kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan yang tercantum dalam Kartu Miskin/Kartu Askes;
  10. Memfasilitasi kegiatan sosial masyarakat dan kegiatan keagamaan;
  11. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat;
  12. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  13. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  14. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  15. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  16. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

Tugas Pokok

membantu Lurah melaksanakan pembinaan ketenteraman dan ketertiban umum, serta pembinaan perlindungan masyarakat

 

Fungsi

  1. penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan pembinaan ketenteraman dan ketertiban umum;
  2. penyelenggaraan penegakan Peraturan Daerah, Peraturan Walikota, Keputusan Kepala Daerah dan peraturan perundang-undangan lainnya di Kelurahan;
  3. pelaksanaan pembinaan dan perlindungan kepada masyarakat dan anggota LINMAS di Kelurahan;
  4. pelaksaaan penertiban terhadap gangguan sosial;
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Uraian Tugas

  1. menyusun dan melaksanakan program kegiatan pembinaan ketenteraman dan ketertiban umum;
  2. Menyusun Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kinerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai bidang tugasnya;
  3. Menyusun LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuai bidang tugasnya;
  4. Menyelenggarakan penegakan Peraturan Daerah, Peraturan Walikota, Keputusan Kepala Daerah dan peraturan perundang-undangan lainnya di Kelurahan;
  5. Melaksanakan penanganan bencana di wilayah kelurahan;
  6. Melaksanakan pembinaan dan perlindungan kepada masyarakat dan anggota LINMAS di Kelurahan;
  7. Melaksanakan penertiban terhadap gangguan sosial;
  8. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  9. Menyiapkan bahan koordinasi dengan pemuka agama yang berada di wilayah kerja kelurahan untuk mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum masyarakat di wilayah kelurahan;
  10. Menyiapkan bahan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya dibidang penerapan peraturan perundang-undangan;
  11. Menyiapkan bahan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya dibidang penegakkan peraturan perundang-undangan dan/atau kepolisian negara republik indonesia;
  12. Menghimpun, mengolah dan menganalisa data serta penyajian data hasil kegiatan urusan seksi ketenteraman dan ketertiban umum;
  13. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  14. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  15. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  16. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  17. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan

Visi dan Misi

Visi Kelurahan Baros adalah “KELURAHAN BAROS PINTAR” (Produktif, Indah, Nyaman, Tertib, Agamis dan Rukun)

  1. Produktif : Terwujudnya Aparatur dan  Masyarakat Kelurahan Baros yang mempunyai pandangan hidup dan sikap mental yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan, menjadikan keadaan hari ini lebih baik dari kemarin, dan mutu kehidupan besok harus lebih baik  dari hari ini, tidak cepat merasa puas dan akan terus meningkatkan kemampuan kerjanya.
  2. Indah : Terwujudnya tata lingkungan yang bersih dan enak dipandang.
  3. Nyaman : Terwujudnya lingkungan yang sehat, asri dan menyenangkan bagi setiap masyarakat.
  4. Tertib: Terwujudnya keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan Kelurahan Baros.
  5. Agamis : Terwujudnya Aparatur dan Masyarakat Kelurahan Baros yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama.
  6. Rukun : Masyarakat Kelurahan Baros yang beragam latar belakang baik dari segi suku bangsa, bahasa dan agama tetapi dapat hidup berdampingan dengan damai.

Misi

  1. Mewujudkan Aparatur dan  Masyarakat Kelurahan Baros yang mempunyai pandangan hidup dan sikap mental yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan dari hari ke hari.
  2. Mewujudkan tata lingkungan yang bersih dan enak dipandang.
  3. Mewujudkan lingkungan yang sehat, asri dan menyenangkan bagi setiap masyarakat.
  4. Mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan Kelurahan Baros.
  5. Mewujudkan Aparatur dan Masyarakat Kelurahan Baros yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama.
  6. Mewujudkan Masyarakat Kelurahan Baros yang beragam latar belakang baik dari segi suku bangsa, bahasa dan agama agar dapat hidup berdampingan dengan damai.

Kegiatan Unggulan

-

Kegiatan Cimahi

Headline News