Kota Cimahi • Kelurahan Leuwigajah

Kelurahan Leuwigajah


Nama SKPD : Kelurahan Leuwigajah
Alamat : Jl. Sadarmah No.11 Kel. Leuwigajah Kec. Cimahi Selatan
No. Telp / No. Fax : (022) 6672995 / (022) 6672995
Alamat Email : -
Alamat Website : -


Dasar Hukum

Nomor 05 Tahun 2012 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 11 tahun 2008 tentang  Kecamatan dan Kelurahan Kota Cimahi

Tupoksi

Lurah

Tugas Pokok : Menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan kemasyarakatan dan ketertiban umum serta melaksanakan urusan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota

Fungsi : 

  1. Pelaksanaan Kegiatan pemerintahan kelurahan
  2. Pelaksanaan kegiatan ekonomi dan pembangunan
  3. Pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakkyat
  4. Penyelenggaraan kentraman dan ketertiban umum
  5. Pelaksanaan kegiatan ke-Tata Usahaan
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya

Uraian Tugas : 

  1. Memimpin dan memanajeri organisasi kelurahan dalam rangka mencapai tujuan pembangunan sesuai dengan Visi dan Misi Kota Cimahi;
  2. Merumuskan rencana kerja untuk melaksanakan urusan yang dilimpahkan oleh Walikota dibidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan;
  3. Merumuskan Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai lingkup tugasnya;
  4. Merumuskan LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuau lingkup tugasnya;
  5. Mengendalikan administrasi keuangan dan aset di lingkup tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Mengoordinasikan penanganan bencana di wilayah kelurahan;
  7. Menyusun rencana pembangunan Tahuanan Kelurahan dan Rencana Pembangunan Lima Tahun Kelurahan serta pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (MUSREMBANG) tingkat kelurahan;
  8. Menyelenggarakan administrasi pertanahan sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya;
  9. Menyelenggarakan administrasi tata pemerintahan, menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan lembaga kemasyarakatan, pembinaan ketentraman dan ketertiban umum;
  10. Menyelenggarakan pembinaan dan pengawasan serta pelaporan langkah-langkah penanggulangan terhadap terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup serta pola pencegahan kerusakan lingkungan hidup;
  11. Merumuskan dan melaksanakan kerjasama kelurahan dengan kelurahan lain dalam satu wilayah kecamatan;
  12. Menyelengarakan fasilitasi kegiatan dalam rangka pemilihan Kepala Daerah dan Pemilihan Umum;
  13. Melaksanakan pembangunan partisipasi masyarakat, pelayanan umum kepada masyarakat dan pemberdayaan masyarakat kelurahan;
  14. Melaksanakan pembinaan terhadap keberadaan masyarakat hukum adat, nilai adat istiadat, lembaga adat beserta hak-hak tradisionalnya dalam pelaksanaan pemerintahan kelurahan;
  15. Melaksnakan koordinasi instansional dan kemasyarakatan;
  16. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternatif pemecahannya;
  17. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugasnya;
  18. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  19. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  20. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  21. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Sekretaris

Tugas Pokok : Membantu Lurah melaksanakan tugas-tugas ke Tata Usahaan yang meliputi administrasi, kepegawaian, keuangan, umum, perlengkaan, perencanaan, evaluasi dan pelaporan

Fungsi : 

  1. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas dan fungsi Lurah;
  2. Penyelenggaraan koordinasi dan pengendalian atas pelaksanaan kebijakan yang ditetapkan oleh Lurah;
  3. Pelaksanaan pengurusan surat menyurat dan kearsipan;
  4. Pelaksanaan pengurusan administrasi kepegawaian;
  5. Pengelolaan administrasi keuangan;
  6. Pelaksanaan urusan perlengkapan dan kerumahtanggaan kelurahan;
  7. Penyelengaraan rapat-rapat dinas, upacara, penerimaan tamu dan acara-acara kedinasan lainnya diluar kegiatan yang telah tercakup dalam kegiatan seksi lain;
  8. Pelaksanaan koordinasi perencanaan, evaluasi dan pelaporan tugas-tugas seksi dan kelompok jabatan fungsional;
  9. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Lurah sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Uraian Tugas : 

  1. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi Lurah, serta pelaksanaan tugas dan fungsi Tata Usaha kelurahan;
  2. Menyusun Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai lingkup tugasnya;
  3. Menyusun LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuau lingkup tugasnya;
  4. Menyelenggarakan administrasi keuangan dan aset di lingkup tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  5. Menghimpun Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dari masing-masing seksi pada kelurahan;
  6. Melaksanakan ketatausahaan, surat menyurat dan kearsipan;
  7. Melaksanakan pengurusan administrasi kepegawaian;
  8. Melaksanakan urusan analisa kebutuhan, pengadaan dan pemeliharaan perlengkapan sarana dan prasarana kantor kelurahan;
  9. Menyelenggarakan kerumahtanggaan kelurahan;
  10. Menghimpun bahan-bahan persipan dan pelaksanaan rapat-rapat dinas, upacara, penerimaan tamu dan acara kedinasan lainnya;
  11. Melaksanakan koordinasi perencanaan, evaluasi dan pelaporan tugas-tugas seksi dan kelompok jabatan fungsional;
  12. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternative pemecahannya;
  13. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peratudan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  14. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  15. Membagi tugas, member petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancer sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  16. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Seksi Pemerintahan

Tugas Pokok : Membantu Lurah melaksanakan pembinaan pemerintahan kelurahan, dan pembinaan rukun warga

Fungsi : 

  1. Menyusun program dan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  2. Pelaksanaan program dan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  3. Pemberian pelayanan kepada masyarakat di bidang pemerintahan;
  4. Pemgumpulan dan pengolahan data administrasi pemerintahan;
  5. Memfasilitasi pelaksanaan pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala lingkungan ketua rw dan rt;
  6. Pelaksanaan administrasi pertanahan;
  7. Pelaksanaan fasilitasi kegiatan dalam rangka pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum;
  8. Pelaksanaan ecaluasi dan pengendalian penyelenggaraan pemerintahan kelurahan;
  9. Pelaksana tugas lain yang diberikan oleh atas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian Tugas : 

  1. Menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan pemerinatahan kelurahan;
  2. Menyusun Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai lingkup tugasnya;
  3. Menyusun LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuau lingkup tugasnya;
  4. Memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang terkait dalam bidang pemerintahan;
  5. Menyususn dan melaksanakan program dan kegiatan pemerintahan kelurahan;
  6. Mengumpulkan, mengolah bahan-bahan atau data asministrasi pemerintahan, serta menyajikan sebagai bahan pelaksanaan tugas pemerintahan;
  7. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi lurah;
  8. Memfasilitasi pelaksanaan pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala lingkungan ketua RW dan RT serta membantu penyelesaian proses administrasinya;
  9. Melaksanakan administrasi pertanahan;
  10. Melaksanakan fasilitasi kegiatan dalam rangka pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum;
  11. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternative pemecahannya;
  12. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peratudan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  13. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  14. Membagi tugas, member petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancer sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  15. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  16. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan

Tugas Pokok : Membantu Lurah dalam melaksanakan pengendalian, pembinaan ekonomi pembangunan, koperasi dan UMKM serta pembagunan partisipasi masyarakat

Fungsi : 

  1. Pemberian pelayanan kepada masyarakat di bidang ekonomi dan pembangunan;
  2. Pelaksanaan fasilitas kegiatan ekonomi pembangunan serta swadya masyarakat;
  3. Perencanaan pembangunan fisik baik program kelurahan maupun atas prakarsa masyarakat;
  4. Pelaksanaan pembinaan terhadap koperasi, umkm dan lembaga keuangan mikro formal maupun lembaga keuangan pembiayaan informasi;
  5. Fasilitasi pelaksanaan pembinaan pengelolaan lingkungan hidup;
  6. Pelasksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian Tugas : 

  1. Menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan pemerinatahan kelurahan;
  2. Menyusun Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai lingkup tugasnya;
  3. Menyusun LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuau lingkup tugasnya;
  4. Menyusun rencana pembangunan tahunan kelurahan dan rencana pembangunan lima tahun kelurahan serta pelaksanaan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kelurahan;
  5. Memfasilitasi kegiatan ekonomi dan pembangunan masyarakat;
  6. Menyiapkan bahan perencanaan, pengoordinasian, pengawasan dan pembinaan serta evaluasi pelaksanaan pembangunan di wilayah kerjanya;
  7. Memfasilitasi pembangunan di bidang prasarana lingkungan dan pengembangan perekonomian lingkungan;
  8. Melaksanakan kegiatan pembinaan dan pengawasan sert pelaporan langkah-langkah penanggulangan terhadap terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup;
  9. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan dan pemantapan terhadap perkembangan perindustrian dan perdagangan, perkoperasian, UMKM dan ekonomi lemah;
  10. Melaksanakan pemantuan kegiatan pembangunan di kelurahan;
  11. Memfasilitasi kegiatan ekonomi dan pembangunan serta swadaya masyarakat;
  12. Melaksanakan penyuluhan dan monitoring koperasi dan para pengrajin;
  13. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternative pemecahannya;
  14. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  15. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  16. Membagi tugas, memberi petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  17. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 


 

 

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat

Tugas Pokok : Membantu Lurah dalam menyiapkan bahan penyusunan program dan melaksanakan pembinaan social dan kesejahteraan masyarakat.

Fungsi : 

  1. Penyusunan program pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  2. Pemberian pelayanan kepada masyarakat di Bidang ekonomi dan pembangunan;
  3. Penyusunan rencana program dan kegiatan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  4. Pengoordiasian upaya pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  5. Pelaksanaan fasilitasi kegiatan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  6. Pelaksanaan pemberian pelayanan terhadap kegiatan-kegiatan Pmberdayaan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat.

Uraian Tugas : 

  1. Menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan pemerinatahan kelurahan;
  2. Menyusun Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai lingkup tugasnya;
  3. Menyusun LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuau lingkup tugasnya;
  4. Memberikan pelayanan administrasi yang terkait dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  5. Memfasilitasi dan memberikan pelayanan terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan;
  6. Melaksanakan pembinaan organisasi kepemudaan, olah raga, kesenian dan organisasi masyarakat;
  7. Melaksankan bimbingan dan penyuluhan masyarakat dalam partisipasi pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  8. Melaksanakan pelayanan teknis kebuthan masyaeakat dibidang kesehatan dan pendidikan;
  9. Mendistribusikan dan mengendalikan beras miskin kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan yang tercantum dalam kartu miskin/kartu askes;
  10. Memfasilitasi kegiatan social masyarakat dan kegiatan keagamaan;
  11. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan rakyat;
  12. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternative pemecahannya;
  13. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peratudan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  14. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  15. Membagi tugas, member petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancer sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  16. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum

Tugas Pokok : Membantu Lurah melaksanakan pembinaan ketentraman dan ketertiban perlindungan masyarakat.

Fungsi : 

  1. Penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum;
  2. Penyelenggaraan penegakan peraturan daerah, peraturan walikota, keputusan kepala daerah dan peraturan perundang-undangan lainnya di kelurahan;
  3. Pelaksanaan pembinaan dan perlindungan kepada masyarakat dan anggota linmas kelurahan;
  4. Pelaksanaan penertiban terhadap gangguan social
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh alas an sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian Tugas : 

  1. Menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan pemerinatahan kelurahan;
  2. Menyusun Rencana Stratejik (RENSTRA) dan Rencana Kerja (RENJA), Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sesuai lingkup tugasnya;
  3. Menyusun LPPD, LKPJ, LAKIP dan segala bentuk pelaporan lainnya sesuau lingkup tugasnya;
  4. Menyelenggarakan penegakan peraturan daerah,peraturan walikota, keputusan kepala daerah dan peraturan perundang-undangan lainnya di kelurahan;
  5. Melaksanakan penanganan bencana di wilayah kelurahan;
  6. Melaksanakan pembinaan dan perlindungan kepada masyarakat dan anggota LINMAS di kelurahan;
  7. Melaksanakan penertiban terhadap gangguan social;
  8. Melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang ketentraman dan ketertiban umum;
  9. Menyiapkan bahan koordinasi dengan pemuka agama yang berada di wilayah kerja kelurahan untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum masyarakat di wilayah kelurahan;
  10. Menyiapkan bahan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan peraturan perundang-undangan;
  11. Menyiapkan bahan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya dibidang penegakan peraturan perundang-undangan dan/atau kepolisian Negara Republik Indonesia;
  12. Menghimpun, mengolah dan menganalisa data serta penyajian data hasil kegiatan urusan seksi ketentraman dan ketertiban umum;
  13. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya serta mencari alternative pemecahannya;
  14. Mempelajari, memahami dan melaksanakan peratudan dan perundang-undangan yang berlaku yang berkaitan dengan lingkup tugasnya sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
  15. Memberikan saran dan pertimbangan teknis kepada atasan;
  16. Membagi tugas, member petunjuk, menilai dan mengevaluasi hasil kerja bawahan agar pelaksanaan tugas dapat berjalan lancer sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  17. Menyampaikan laporan pelaksanaan tugas dan/atau kegiatan kepada atasan;
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

Visi dan Misi

-

Kegiatan Unggulan

-

Kegiatan Cimahi

Headline News